Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; BERSAMA TUHAN MENUJU SESAMA DAN SEMESTA

Senin, 09 Januari 2023 (Pesta Pembaptisan Tuhan, St Andreas Corsini, St Basilissa, St Julianus, St Marsiana) Bacaan I Yesaya 42:1-4.6-7

Mazmur Tanggapan Mzm 29:1a.2.3ac-4.3b.9b-10

Bacaan II Kisah Para Rasul 10:34-38

Injil Matius 3:13-17
"Aku, Tuhan, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan..." Yes 42:6
(Ego Dominus vocavi te in iustitia)


BERSAMA TUHAN MENUJU SESAMA DAN SEMESTA



TUHAN senantiasa memanggil dan menghimpun kita, anak-anakNya. DipersatukanNya dalam KasihNya yang sempurna di dalam Yesus, Putra TunggalNya.


PEMBAPTISAN Yesus sanggupkan kita untuk 'mendengar dan memandangNya' sebagai "Anak Allah yang berkenan di hadapan Allah, BapaNya." Yesus membawa kita semua sebagai saudara-saudari kepada BapaNya.




TETAPI, Yesus juga membawa kita semua sebagai saudara-saudariNya kepada dunia yang lebih luas. Permandian adalah awal baru bagi kita semua, di dalam permandianNya, untuk dihimpun di dalam Persekutuan bersamaNya.

DARI persekutuan bersama Yesus itulah kita berziarah bersamaNya untuk menyapa semua sesama-sesama kita. Kita diutusNya untuk memeluk dan merangkum semesta yang lebih luas. Di situlah ciri kesemestaan 'permandian di dalam Yesus.'




SEBAB itulah, permandian di dalam Yesus, tidak pernah membawa kita kepada 'kelompok tertutup yang sibuk di dalam diri sendiri.' Permandian di dalam Yesus adalah 'proklamasi pada hakekat katolisitas.' Yang terbuka, yang menyapa serta yang terutus kepada semesta itu.

PERMANDIAN di dalam Yesus membebaskan setiap kita dari setiap ikatan dan hambatan yang memandang semesta dan sesama hanya sebatas 'sudut sempit.' Yang hanya repot dengan segala perbedaan yang saling memisahkan dan bahkan mengasingkan.

PERMANDIAN di dalam dan bersama Permandian Yesus, pada titiknya, meneguhkan kita untuk 'masuk ke dalam dunia yang luas, dan berjuang untuk memajukan kehidupan bersama yang lebih bercitra.'

Maka, tidak kah Tuhan memanggil setiap kita untuk maksud penyelamatan?



Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.  Amin


Posting Komentar

0 Komentar