Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik: DITOLAK NAMUN TAK PERNAH BOLEH MENOLAK

Rabu, 01 Februari 2023
(Pekan Biasa IV, St Asclepiades, St Brigitta, St Pionius, St Veridiana)


Bacaan I Ibrani 12:4-7.11-15

Mazmur Tanggapan Mzm 103:1-2

13-14.17-18a

Injil Markus 6:1-6


"Lalu mereka kecewa dan menolak Dia..." Mrk 6:3
(Et scandalizabantur in illo)




DITOLAK NAMUN TAK PERNAH BOLEH MENOLAK




TUHAN ditolak di tempat asalNya. Itu karena semua pada tahu latar keluarganya. Sederhana dan mungkin saja Bapa Yosef kurang berpengaruh dan kurang tenar pula. Bagaimana mungkin semua kehebatan itu bisa didapatkanNya?




ORANG sekampung tak hendak ikut berbangga bersama Yesus. Bahwa yang luar biasa bisa nampak dan datang dari lingkungan mereka. Dan bahwa kini, saat IA kembali ke kampung halamanNya, semua tak sanggup menyambutNya. Walau berbuat baik dan tak ada aneh dan erornya, toh Tuhan sungguh ditolak.



JIKA kita ditolak? Maafkan para penolak itu. Barangkali mereka salah mengira tentang kita. Itulah keterbatasan mereka dalam mengenal kita lebih jauh. Kita bisa saja ditolak sebatas rasa yang bukan-bukan.




TETAPI, ketika kita ditolak? Ada baiknya segeralah kita tahu bahwa kita bukanlah segalanya. Itu karena kita miris dalam sikap dan gerak laku. Kita punya kekurangan, kelemahan dan keterbatasan. Dan itu tak sanggup dipikul oleh sesama.



TAK usahlah maen tuduh sana-sini bahwa kita tak punya tempat di hati sesama. Tinggal pulanglah saja pada diri sendiri, dan bercakap-cakaplah dengannya. Dan pasti kita bakal temukan alasan: kenapa kah sesama berat untuk menerima atau menolak kita? Tak usah salahkan kiri-kanan.




BAGAIMANA PUN, bila ditolak, jika kita memang tak punya tempat di hati sesama, hati injili mengajarkan kita untuk tak berbuat serupa. Hilang lenyapkan gelagat hati untuk balas menolak sesama.



Tetaplah tulus untuk membuka diri dengan segenap hati bagi sesama. Iya, termasuk buat mereka yang menolak itu. "Berilah berkat dan doakan semuanya..." Itulah tanda kita tak menolak siapa pun.




Bukan kah demikian?
Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati


Posting Komentar

0 Komentar