Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; DI SEKITARMU ADA YANG TAK BERUNTUNG DALAM HIDUP. RAIHLAH MEREKA DENGAN MATA DAN TANGANMU PENUH KASIH

Senin, 27 Februari 2023 (Pekan I Prapaskah, St Anna Line, St Gabriel dr Bunda Dukacita)
Bacaan I Imamat 19:1-2.11-18
Mazmur Tanggapan Mzm 19:8.9.10.15
Injil Matius 25:31-46.


Yohanes Mario Nombo, Kepala Desa Gara, Kecamatan Satar Mese, Manggarai mendorong Ibu-ibu yang bergabung ke dalam Kelompok Usaha Wanita Gara untuk ikut mengambil Peran Ekonomi dalam Rumah Tangga demi mewujudkan Ketahanan Ekonomi dan Keluarga. Upaya dari Kepala Desa ini merupakan wujud keberpihakannya kepada kelompok rentan. Kata dia, anak-anak yang sehat, baik dan berkualitas sangat bergantung kepada apa yang dikerjakan dan diberikan oleh ibunya, disaat mereka masih kecil. Apa yang dilakukan oleh seorang Ibu sangat berpengaruh terhadap perilaku anaknya. Anak yang hebat berasal dari ibu yang bijaksana.




"Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel, dan katakan kepada mereka...." Im 19:2
(Loquere ad omnem coetum filiorum Israel, et dices ad eos...)


Baca juga yang ini PENTING: Yusuf ke Mesir: Skenario Perdagangan Manusia? (merenung kisah Yusuf-Kitab Kejadian 37:12-36)

TAK sekedar apa yang kita pikirkan. Pun tak hanya sebatas pada apa yang kita rasakan. Diri kita digumpali pula dengan sekian banyak keinginan, hasrat, selera atau kehendak.

DI ATAS sekian banyak tumpukan kehendak dan hasrat hati itu, kita dihadapkan pula dengan apa yang jadi kehendak sesama. Juga berkenaan dengan apa yang menjadi hak sesama. Terdapat pula apa yang ditegaskan sebagai kebaikan atau kepentingan bersama.

TUHAN perlu ingatkan Israel melalui Musa untuk membatasi secara wajar segala sikap, tindakan atau perilaku yang didorong oleh selera, kehendak dan keinginan hati itu. Satu kata kunci sebagai awasan diingatkan Yahwe adalah JANGANLAH!

"JANGANLAH" adalah peringatan dini agar setiap warga Israel berjalan di atas apa yang mereka miliki. Agar dapat berjalan di atas hak dan tanggungjawab masing-masing. Dan terlarang keras untuk merugikan sesama. Atau berperilaku atau pun bertindak tak santun dengan merampas apa yang menjadi kepentingan bersama.

DALAM YESUS, hidup tak sekedar terbatas pada "JANGANLAH." Tetapi terdapat panggilan untuk berbuat sesuatu. Demi hidup dan kebaikan sesama, para muridNya diajarkan untuk berlaku kasih. Untuk menunjukkan belaskasih dan kemurahan hati.

Baca juga yang ini PENTING; Pojok KITAB SUCI; Tuhan, Kami Lemah dan Rapuh. Teguhkanlah Kami Dalam Kekuatan KasihMU!

SECARA jelas Yesus tunjukan bahwa tindakan atau perbuatan baik itu mesti tertuju pada yang lapar, haus, orang asing, telanjang, orang sakit, orang tahanan (Mat 25:35-36).
SEBAB itulah, sikap kristiani tidak terbatas pada bahwa: 'Aku tidak berlaku curang, tidak merugikan sesama atau bahwa aku tidak lakukan segala aksi pencemaran. Tetapi, lebih dari itu, bahwa kita sungguh memiliki hati turut berbelarasa. Dan lalu bertindak solider akan nasib sesama.'

Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati. Amin.


Pater Kons Beo, SVD

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.






Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong


Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan.Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia


 

Dampak Perubahan Iklim di Manggarai Timur

Posting Komentar

0 Komentar