Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; JIWAILAH KATA-KATA ITU DALAM IMAN DAN HARAPAN PADA TUHAN

 Kamis, 09 Februari 2023

(Pekan Biasa V, St Apolonia dari Alexandria, St Nikeforus dr Anthiokia)
Bacaan I Kejadian 2:18-25
Mazmur Tanggapan Mzm 128:1-2.3.4-5
Injil Markus 7:24-30


"Karena kata-katamu itu...." Mrk 7:29

(Propter hunc sermonem vade...)


JIWAILAH KATA-KATA ITU DALAM IMAN DAN HARAPAN PADA TUHAN


KATA-KATA yang diungkapkan itu bukanlah sekedar satu kerangka kosong. Tetapi, sesungguhnya, itulah kata-kata penuh arti. Pancarkan isi iman teramat dalam.


ITULAH kata-kata penuh harapan. Yang menjadi ungkapan doa dari seorang ibu berkebangsaan asing, Siro-Fenesia. Ungkapan hati yang teramat dalam itu terarah pada Tuhan. Dan pada titiknya sungguh membuahkan hasil.


TUHAN tahu akan segala kata hati, harapan dan kehendak kita. Tetapi semuanya itu sepantasnyalah dibalut dalam iman. Dalam nada dasar penuh harapan.


SEBAB, dalam iman, kita pasrahkan apa yang terbaik. Yang kiranya mesti terjadi dalam kehendak Tuhan sendiri. Iya, selalu dalam kehendak Tuhan sendiri.


KATA-KATA dan ungkapan hati penuh iman pun juga menjadi landasan harapan kita yang terdalam: Apa kehendak Tuhan selalu melampaui apa yang kita bayangkan. Melewati apa yang menjadi 'ketidakmungkinan' dalam mata manusiawi kita.


DALAM Tuhan, apa yang kita dianggap sebagai 'remah-remah, yang terjatuh dan terbuang serta berserakan di lantai, yang jadi kelas bawahan' justru menjadi tanda kehidupan. Menjadi tanda kelimpahan berkat Tuhan itu sendiri. 


DALAM Tuhan selalu nampak daya pandang yang mengarah kepada kehidupan dan keselamatan. Jauh melampaui cara pandang biji mata manusiawi yang selalu mendatar dan bahkan mungkin juga kosong.


"MAKA, pandanglah teduh Tuhan-mu. Dan kisahkan semua apa dialami dan dihadapi. Meteraikan semuanya dalam iman. Dalam harapan dan kerinduan yang tak boleh pudar."


Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati. Amin.




Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan.

Posting Komentar

0 Komentar