Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik: KEHADIRAN YANG MEMBAWA KETEGUHAN HATI DAN HARAPAN IMAN

 Sabtu, 20 Mei 2023
(Pekan VI Paskah, St Arcangelo Tadini, St Bernardinus dr Siena, Beata Maria Crecenria Perez, St Protasius Chong Kukbo)
Bacaan I Kisah Para Rasul 18:23-28
Mazmur Tanggapan Mzm 47:2-3.8-9.10
Injil Yohanes 16:23b-28


"Paulus menjelajahi seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid"  Kis 18:23

(Paulus, preambulans ex ordine Galaticam regionem, et Phrygiam, confirmans omnes discipulos)


KEHADIRAN YANG MEMBAWA KETEGUHAN HATI DAN HARAPAN IMAN


INI kunjungan persaudaraan iman dalam Yesus. Paulus memang ada dalam tekanan yang dihadapinya. Namun ia tahu bahwa ada juga para murid lainnya yang alami hal serupa.


PAULUS tahu apa artinya adakan kunjungan kepada para sesama murid itu. "Untuk meneguhkan hati semua murid." Tentu untuk kuatkan iman, harapan dan kasih di dalam Yesus, Tuhan. Inilah kunjungan yang membawa spirit persekutuan.


MENJELAJAHI seluruh tanah Galatia dan Frigia tentu menuntut kesediaan dan pengorbanan. Tapi terutama dalam diri Paulus tentu ada sukacita injili untuk meneguhkan saudara-saudara seiman itu.


SIAPAPUN kita tentu lalui kisah-kisah kunjungan. Pun setidak-tidaknya selalu berjumpa dengan orang-orang lain, dengan sesama kita. Mulialah hati Anda kalian yang sanggup meneguhkan sesama. Terpujilah kunjungan dan kehadiran Anda yang sungguh membawa harapan bagi orang lain. 


KUNJUNGAN, kehadiran dan kebersamaan dalam iman akan Yesus pasti tak membawa keretakan. Sebab kunjungan dan kehadiran itu bermodal Kasih Persaudaraan. Membawa sukacita injili. Dan bukannya membawa dongeng dan fantasi yang berujung perpecahan, permusuhan dan penuh ketidaksukaan. Sukacita alkitabiah dan injili memang mesti nyata dalam diri kita.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati 
Amin-Alleluia.



Posting Komentar

0 Komentar