Header Ads Widget

Renungan Harian KATOLIK; Terkadang Dunia Pura-Pura Bertanya, Padahal Ia Sudah Punya Jawab dan Sikapnya Sendiri

Selasa, 02 Mei 2022
(Pekan IV Paskah, St Athanasius)

Pantai Mbalata, Wae Lengga, Kota Komba, Manggarai Timur



Bacaan I Kisah Para Rasul 11:19-26
Mazmur Tanggapan Mzm 87:1-3.4-5.6-7
Injil Yohanes 10:22-30


"Berapa lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan?"
Yoh 10:24
(Quousque animam nostram tollis sit tu es CHRISTUS dic nobis palam)


Terkadang dunia pura-pura bertanya, padahal ia sudah punya jawab dan sikapnya sendiri


PADA waktunya sepertinya ada 'titik jenuh' untuk meyakinkan. Dunia di mana kita hidup adalah alam penuh sangsi. Sejuta tanya dalam isi keraguan nan tebal bakal tak mencair oleh jawab yang sejuk dan jelas sekalipun

Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Ranting Iman Itu Dibersihkan Agar Berbuah: Lebih Dan Terlihat

ISI dan kerangka sering tak sejalan. Kerap berseberangan. Tak ada tempat sedikit pun. Harus dan mungkinkah mengisi butir-butir Cinta, Damai, Kelembutan ke dalam forma kaku: Dendam, kebencian serta kekerasan? Tidak kah ini sering jadi satu kesia-sia belaka?


DUNIA tetap sangsi! Penuh tanya dan curiga. Dunia tetap punya rasa was-was. Walau terkesan dibuat-buat. Itulah dunia yang tak akan pernah padam dalam kesangsian. Sehebat apa pun pernyataan dan pengungkapan diri sebagai jawab.


SETERANG, SEJELAS dan SENYATANYA karya mesias keselamatan dalam Yesus, toh tegarnya batu karang kesangsian tak beranjak. 'Mau ungkapkan dan nyatakan terus terang yang bagaimana lagi?'


NAMUN, iman kita pada Kristus adalah ungkapan iman pribadi demi penyerahan diri kita pada Kristus. Tak untuk menyenangkan siapapun. Tidak pula untuk merancang pembuktian demi pencitraan. Tidak. Cukuplah: Sekali Kristus tetaplah Kristus itu.


YESUS tetap disangsikan oleh para pembenci. Sebab IA memang sulit dan tak mungkin diperalat untuk membenci dan mengutuk. Yesus bukanlah jalan menuju kekerasan dan segala kegelapan. Dalam Dia hanya ada KASIH, KEBENARAN dan SUKACITA.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin - Alleluia


Pater Kons Beo, SVD

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.






Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar