Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; SEORANG Pekerja Keras Akan Selalu Berjuang Demi Kehidupannya Yang Lebih Baik

Jumat, 25 Agustus 2023

(Pekan Biasa XX, St Louis IX, St Yosef Calanza)
Bacaan I Rut 1:1.3-6.14b-16.22
Mazmur Tanggapan Mzm 146:5-6.7.8-9bc-10
Injil Matius 22:34-40




"Sebab ke manapun engkau pergi, ke situ pula aku pergi..."
Rut 1:15
(Quocumque enim perrexeris, pergam)



SELALU DI SISIMU! AKU TAK AKAN BERPALING


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bagaimanapun, Bukankah Kita Masih Miliki Harapan Untuk Keterbukaan Iman Akan Tuhan?


KEMULIAAN hati sungguh diperlihatkan Rut. Usulan mertuanya, Naomi, dijawab dengan kebesaran jiwa. Ia tak akan tinggalkan Naomi, mertuanya itu, yang telah "kehilangan suami dan kedua anaknya" (Rut 1:5)


SEBENARNYA Rut punya pilihan yang lebih nyamankan kehidupannya, sekiranya ia tinggalkan saja Naomi, mertuanya itu. Namun, kesetiaan dan ketulusan hati adalah nilai yang terlalu agung dan jauh melampaui 'apapun yang menyenangkan diri sendiri.'


ALAM hidup yang semakin 'keras, penuh perjuangan dan banyak pertarungan' bisa memaksa siapapun untuk mencari dan menciptakan alam yang nyaman bagi diri sendiri. Pilihan dan keputusan demi jalani hidup adalah keputusan yang 'mesti bikin nyaman, bebas tantangan serta tanpa terlalu banyak hal yang menyesakkan dada.'


"HIDUP aman, terjamin dan sudah baik di segala lini, itulah yang diperjuangkan. Bagaimanapun, kisah Rut dan pilihan akan jalan hidupnya adalah cahaya dalam kesetiaan. Rut tetap berada pada pihak Naomi yang lagi dalam kesedihan dan perjuangan hidup yang tak mudah.




SEORANG pekerja keras akan selalu berjuang demi kehidupannya yang lebih baik. Namun seorang yang setia, akan tetap berada bersama sesamanya dalam pergulatan hidup yang tak ringan. Ingatlah pula bahwa ada sekian banyak orang yang 'mendekat' saat sesamanya masih di alam mentari bersinar cerah. Sayangnya, orang-orang bisa menjauh saat sesamanya itu telah 'meredup dan dianggap tak lagi membawa berkah dan keuntungan.'


RUT menantang kita untuk menjadi pribadi berhati mulia. Untuk menjadi manusia 'sejuk di jiwa' terhadap sesama kita dalam situasinya penuh suram dan tak menentu. Iya, Rut tetap setia pada Naomi dalam situasi pahit yang dialami mertuanya itu. Rut bebas dari godaan perangkap oportunistik dalam hatinya.


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Tuhan Tetap Ada Di Sini Dan Selalu Setia


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.

Amin.


Pater Kons Beo, SVD


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar

Mangga bantuan  dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia
 dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang.  Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).


Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023). 


Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar