Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Tetap Ada Seberkas Cahaya Harapan Dalam Hidup

Kamis, 31 Agustus 2023

(Pekan Biasa XXI, St Adian, St Nikodemus, St Nonnatus)
Bacaan I 1Tesalonika 3:7-13
Mazmur Tanggapan Mzm 90:3-4.12-13.14.17
Injil Matius 24:42-51



"Dalam segala kesesakan dan kesukaran kami terhibur oleh kalian dan iman kalian" 1Tes 3:7

(Ideo consolati sumus fratres in vobis in omni necessitate et tribulatione nostra per fidem vostram)


TETAP ADA SEBERKAS CAHAYA HARAPAN DALAM HIDUP


Baca juga yang ini, Menarik; Renungan Harian Katolik; Sabda Tuhan Itu Penuh Daya..

INI bukan soal kisah bebas hambatan yang dialami dalam perutusan. Bahwa seorang murid akan selalu alami kisah ceriah dan selalu berhasil. Bahwa ditemukan selalu alam penuh jaminan dan 'berkelimpahan susu dan madu.'

PERUTUSAN tetap isyaratkan "kesesakan dan kesukaran" (cf 1Tes 3:7). Di balik semuanya ada serial ketakhebatan, kegagalan bahkan ketidakpastian. Dalam perutusan itu seorang yang diutus tidak dipastikan untuk selalu tiba pada 'keberuntungan, kejayaan, serba keberhasilan atau segala keterjaminan' yang berpusat demi kemegahan diri sendiri.

RASUL PAULUS tetap alami segala kesukaran dalam perutusan yang dipercayakan Tuhan kepadanya. Namun apakah ia patah semangat dan hilang harapan? Apakah Rasul Paulus harus menjadi redup dalam segala kesesakan dan kesukaran itu? Nyatanya TIDAK!

ADA hal indah dan buah dari iman yang diwartakan Rasul Paulus, yakni hidup dan iman dalam diri jemaat Tesalonika. Dalam segala situasi sulit tetap ditemukan impian dan harapan, "Sekarang kami hidup kembali, asal saja kalian teguh berdiri dalam Tuhan" (1Tes 3:8). Dan itulah sebabnya, walau dalam situasi sulit sekalipun Rasul Paulus tetap tempatkan harapannya dalam doa 'semoga jemaat tetap berkelimpahan dalam kasih. Kasih satu terhadap yang lain dan terhadap semua orang' (cf 1Tes 3:12).

SEORANG pewarta tentu tidak hanya dipanggil untuk meneguhkan jemaat dan menunjukkan jalan hidup injili. Tetapi seorang pewarta, dalam segala kesukaran dan ketakberdayaannya, tetap melihat bahwa buah-buah Sabda Tuhan pasti hidup dan bertumbuh dalam kehidupan jemaat.

Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; Ada Banyak Kesempatan Atau Peluang Bernilai Emas.

SUNGGUH, betapa berat, sulit dan penuh kerumitanlah 'kisah pastoral misioner' yang dialami Rasul Paulus. Tetapi syukurlah ada hiburan dan peneguhan yang ia temukan dalam hidup jemaat.

TERKADANG kita keluhkan jalan hidup penuh sulit, penuh tantangan dan tekanan, serta suasana penuh keterbatasan. Kita sekian gelisah karena 'masih kurang ini dan belum lagi itu.' Tetapi tidakkah kita merasa diteguhkan oleh sisi lain dari kehidupan yang lebih sulit serta serba dalam kegetiran, namun toh mereka tetap bertahan dalam harapan dan perjuangan?

Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amin



Pater Kons Beo, SVD


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar

Mangga bantuan  dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia 
 dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang.  Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).



Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023). 


Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)

Posting Komentar

0 Komentar