Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; USIA Ini Selalu Bergerak 'Maju dan Bertambah' Dalam Kepastian

 Selasa, 15 Agustus 2023

(Pekan Biasa XIX, Beato Isidorus Bakanja, Beato Klaudius Granzotto, St Tarsisius)
Bacaan I Ulangan 31:1-8
Mazmur Tanggapan Mzm Tanggapan Ulangan 32:3-4a.7.8.9.12
Injil Matius 18:1-5.10.12-14

"Aku tidak dapat dengan giat memimpin kalian lagi..."

Ulangan 31:2

(Non possum ultra egredi et ingredi praestim cum...)


TERBENAMLAH DALAM INDAH. DEMI TERBIT YANG CERIAH

P. Kons Beo, SVD



Baca juga yang ini, Menarik; Satu Permenungan IMAN KATOLIK; ADA Hadiah Teramat Agung Yang Dibawa Maria.


MUNDURLAH atau berdiamlah dalam 'tertib yang terpuji.' Waktunya telah berlalu. Kita bukanlah 'siapa-siapa lagi.' Memang, saatnya kehormatan kita dipuji dalam 'diam dan mundur yang berakhlak.' 


KUASA, jabatan, pangkat, kedudukan, atau tanggungjawab itu sudah tak ada lagi di 'cengkeraman tangan kita.' Yang ada pada kita, kini, kiranya kemuliaan berkat dan harapan, "Semoga yang berikutnya ada dalam tuntunan Tuhan. Demi lanjutkan tugas yang mulia ini."


Baca juga yang ini, menarik; Sudut Pandang Alkitab; Perempuan, Ibu Pertiwi dan Teror Naga Merah Itu


MUSA tak dihinggapi dan diserang rasa galau dan iri, kalau-kalau kepemimpinannya bakal segera berakhir. Musa memang tak bakal seberangi 'sungai Yordan' demi memimpin Israel di etape berikutnya. Musa sadar diri akan bakal segera 'terbenam hidupnya.'


DARI mulut Musa hanya ada kata penuh harapan bagi Israel. Katanya, "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, jangan takut dan jangan gemetar..." (Ul 31:6). Sebab kehadiran Allah bagi Israel adalah kekuatan dan kepastian akan kemenangan. 


MUSA tak iri dan tak bikin 'propaganda kotor dan berdebu' tentang Harun, pemimpin sesudahnya. Hatinya lapang. Dan ia bahkan sungguh berjiwa besar untuk kuatkan Josua:

"Kuatkan dan teguhlah hatimu, sebab engkau akan masuk bersama dengan bangsa ini ke negeri yang dijanjikan Tuhan....." (Ul 31:7).


Baca juga yang ini, Inspiratif; Satu Permenungan IMAN KATOLIK; Cinta, Derita dan Setia, Tak Membuatmu Pudar


USIA ini selalu bergerak 'maju dan bertambah' dalam kepastian. Tetapi 'ambisi serta kelekatan akan kuasa dan rasa masih berkuasa' terkadang tak bergerak dalam 'kepastian yang sepantasnya disadari dan terutama diakui secara mulia. Maka?


'BILA hari telah senja dan sudah menjelang datangnya malam di usia ini, biarlah kita perbanyak sunyi dan teduh 'yang bikin suasana syahdu.' Semuanya demi terbitnya matahari pagi pengharapan untuk hari berikutnya, untuk orang berikutnya. Iya, untuk generasi berikutnya. Demi cita-cita hari esok. Yang entah sampai kapan... Tak ada yang bakal dapat menghitung... 


Tidak kah demikian?


Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati.

Amin


P.Kons Beo, SVD
Roma, Italia





Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar