Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; BUKANKAH Kita Semua Adalah Laskar Kristus?

Sabtu, 11 November 2023)


(Pekan Biasa XXXI, St Martinus dr Tours, St Menas Kallikelados, Beato Yosafat Chichkov)

Bacaan I Roma 16:3-9.16.22-27
Mazmur Tanggapan Mzm 145:2-3.4-5.10-11
(Ref : Aku hendak memuji NamaMu untuk selama-lamanya, ya Allah Rajaku) Injil Lukas 16:9-15


"Saya adalah tentara Kristus, dan menurut hukum kami, berkelahi itu dilarang"
(St Martinus dr Tours)


KITA LASKAR KRISTUS: KASIH, HORMAT, DAN BERKAT ADALAH SENJATA KITA


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Rumah Adalah Tempat Di Mana Hati Kita Berada

HILANG kendali diri? Itu bisa hinggap pada siapa saja. Ada lalu lintas pikiran di kepala. Ada banyak kehendak dan hasrat bersarang di hati. Dan yang ada pada diri itu dianggap sebagai rujukan bagi orang lain. 'Yang berseberangan dengan kehendak dan pikiranku adalah musuh.'

TEKANAN terhadap orang lain, sebenarnya, karena orang lain itu tak sanggup masuk dalam 'syarat yang kita tetapkan.' Dan syarat kita itu terhadap sesama adalah 'wajib dukung dan iyakan saja pada segala kehendak dan kepentinganku' Jika tidak? Ada saja geliat kita untuk menyingkirkan dan menghempaskannya.

DALAM keseharian, lihat saja. Eror relasi serta komunikasi yang kelam sering kali terjadi. Karena salah berpikir, salah tafsir, atau pun tersinggung rasa di hati, alam perkelahian sering menggelegar. Tak terhindarkan!

TERJADI kekerasan fisik. Baku pukul dan aniaya bisa terjadi. Yang juga sengit terjadi itu adalah 'perang kata.' Ramai dan ribut 'baku kata' antar kaka-ade dalam keluarga (besar), antar tetangga, di dalam kelompok. Saling menerjang satu terhadap yang lain telah jadi alam penuh miris. Jadi tambah teracak berbenang kusutlah suasana jika memang tiada sikap batin yang rela mengalah damai demi kebaikan bersama.



INI belum lagi terhitung dengan 'berkelahi kata-kata' di media sosial. Baku hantam dan saling terjang, tindak saling mempermalukan sudah jamak terjadi di area publik. Yang lebih bikin merinding lagi bahwa orang sudah sampai pada tingkat rasa bangga dan puas dengan 'berkelahi dan mempermalukan sesamanya.' Praktisnya?

''TADI tu saya sudah sikat dan kebas; kata rata mereka itu. Dia itu dan mereka sana tidak ada sisa memang. Mati kutu tidak berkutik memang. Rasa!!'' Gawat sudah jika sudah begini jadinya.  Orang rasa diri hebat dan menang hanya karena andalkan kuasa fisik dan juga karena andalkan serangan lidah yang trampil untuk menerjang dan mempermalukan orang lain. Hasilnya? Bikin situasi tambah rumit dan bahkan suram. Tetapi?

BUKANKAH kita semua adalah laskar Kristus? Damai, sukacita, rasa kekeluargaan, pengampunan, cinta kebaikan adalah cita-cita bersama kita. Jika 'berkelahi itu dilarang' dan memang harus dilarang, maka kita sebaliknya mesti berlomba-lomba dalam berbuat baik dan saling memperhatikan. Itulah yang dapat ditangkap dari kesaksian hidup St Martinus dr Tours.

KITA renungkan dan hidupkan pula kata-kata Rasul Paulus kepada jemaat di Roma: "Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat... Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!" (Roma 12:10.14).

Mengapa tidak?

Verbo Dei Amorem Spiranti
St Martinus dr Tours, doakanlah kami
Tuhan memberkati.
Amin



Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 

Pater Kons Beo, SVD

Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  
   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.   KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:

Posting Komentar

0 Komentar