Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Nama Itu Punya Cerita

Sabtu, 30 Desember 2023(hari ke 6 oktaf natal - St Anysia, St Sabinus)


Bacaan I 1Yohanes 2:12-17
Mazmur Tanggapan 96:7-8a.8b.9-10
(Ref: Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai)

Injil Lukas 2:36-40

"Namanya Hana...." Luk 2:36
(Et erat Anna).

NAMA ITU PUNYA CERITA


TAK sekedar sebuah nama. Di balik namanya ada kisah. Terbaca pula aura jiwa dan isi hatinya. Tak cuma itu, Hana, punya karakter manusiawi pula. Walau telah berusia lanjut namun ia tetap beriman kokoh!


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik: TAK Ada Hidup Tanpa Pengorbanan


HANA adalah perempuan keseharian. Yang biasa apa adanya. Namun citra dirinya jadi teguh. Ia adalah seorang nabi perempuan. Iman dan jalan hatinya tetap terarah pada kedatangan Sang Juruselamat.


Baca juga yang ini, menarik; Pater Kons Beo,SVD; Herodes, Orang Majus, dan Raja Baru Itu


KISAH HANA tidak sekedar cerita tentang seorang perempuan tua berusia delapan puluh empat tahun. Dan bahwa ia telah ditinggal mati oleh suami dan jauh dari kerabatnya.




HANA ialah sosok manusia 'Bait Allah.' Itulah Rumah Tuhan yang tak pernah ditinggalkannya. Kekuatan hidupnya sungguh teruji dan kokoh. Semuanya terlahir dan mengalir dari ibadah, puasa dan berdoa.



DALAM diri Hana terdapat pemakluman tentang Mesias. Saat ia harus "berbicara tentang Kanak Yesus kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem" (Luk 2:38).




HANA mengundang sekalian kita untuk tetap merindukan Rumah Tuhan. Untuk setia bertekun dalam doa dan puasa. Dan doa dan puasa yang sederhana dan tulus itu pasti berbuah pada kembalinya kita sendiri pada Tuhan dan pulangnya kita pada sesama. Pun termasuk pada kembalinya kita untuk berakrab ria dalam kebersamaan.




SAAT Hana juga "berbicara tentang Kanak Yesus" itulah undangan bagi kita untuk memaklumkan Yesus, isi kehidupan dan Kasih yang diajarkanNya. Itulah amanat pewartaan bagi segenap kita.



DI KESEHARIAN, terkadang kita tergoda untuk bicara hanya sebatas tentang kemegahan, kehebatan, keberhasilan, keunggulan, kebenaran punya diri kita sendiri. Tak lupa dengan segala ukiran prestasi. Repotnya lagi bila virus haus pujian dan bakteri gemar diakui tetap bercokol di dalam hati.




KITA pasti tetap punya harapan dalam gema kehidupan Hana. Dalam hidup apa adanya. Di dalam segala keterbatasan, kelemahan, dan nyaris tak berdaya. Namun tetap ada kekuatan untuk selalu "mengucap syukur kepada Allah" (cf Luk 2:38). Sebab karyaNya sungguh dahsyat bagi kita.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amin



Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bahaya Perangai Kasar, Nalar Semestinya Sehat



Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;
https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  
   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Posting Komentar

0 Komentar