Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; BUKAN SEKADAR YANG BIASA DAN ITU-ITU SAJA

Sabtu, 04 Maret 2023
(Pekan I Prapaskah, St Adrianus dr Nikomedia, Beato Daniel Dajani, Beato Giovanni Fausti, Beato Gjon Shllaku, St Kasimirus)
Bacaan I Ulangan 26:16-19
Mazmur Tanggapan Mzm 119:1-2.4-5.7-8
Injil Matius 5:43-48



"....apakah lebihnya daripada perbuatan orang lain?" Mat 5:47

(...quid amplius facitis?)



Baca juga yang ini; Gregorius Mantur, Petani Muda Sukses dari Kampung Wela Kabupaten Manggarai



KATANYA kita mesti hidup sebagai petualang nilai. Artinya, kita senantiasa berziarah sambil tetap mengusung nilai. Kapan dan di mana saja.


TETAPI, petualang nilai itu senantiasa mencari cara-cara ekstra untuk tampakan nilai-nilai itu. Selalu tampilkan cara-cara kreatif dan juga penuh kejutan.


PENUH kejutan? Iya, sebab yang tak biasa dan mustahil sungguh dapat dijadikan nyata. Petualang nilai itu tak hidup hanya di batas datar-datar, biasa-biasa serta pada umumnya.


ARUS cinta kasih itu bukanlah spirit hidup yang hanya merekatkan kita ke dalam. Sebatas mengutuhkan 'kita-kita saja.' Spirit cinta bukan sebatas kesanggupan beri salam pada orang kita dan kaum kita.


Baca juga yang ini; Satu Permenungan IMAN KATOLIK; Menimbang Keletihan Rohani


TETAPI, dalam gema kasih, kita disanggupkan untuk rendah hati dan tulus menyapa yang 'bukan kita, yang tak menyenangkan kita.' Atau seturut amanat Tuhan, "Mengasihi musuh-musuh kita, serta doakan mereka yang menganiaya" (cf Mat 5:44).


SEBAGAI manusia tentu semuanya terasa berat dan sulit. Tetapi, bagaimana pun kita imani Tuhan, Bapa yang penuh kasih. Yang telah tunjukan dan mengajarkan jalan-jalan kesempurnaan hidup.


DAN jalan-jalan berat seperti itulah yang telah dilalui oleh Sang Putera. Yang membatalkan benci dan dendam dengan Kasih dan pengampunan. Jalan seperti inilah yang diserukan Tuhan untuk kita lewati pula.


SELALU ada 'jalan lebih, jalan alternatif, jalan kreatif, jalan ekstra, jalan luar biasa, dan jalan penuh kejutan.' Itulah Jalan Kesempurnaan Kasih di dalam Tuhan. Jalan yang menerobos segala ketidakmungkinan.



Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati. Amin.

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan.Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia

Socio Economic Empowerment Diakonia Pastoral Service

 

Dampak Perubahan Iklim di Manggarai Timur

Posting Komentar

0 Komentar