Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; KU TAK DAPAT JALAN SENDIRI.... BIARLAH SINARMU MENERANGIKU...

Kamis, 02 Maret 2023
(Pekan I Prapaskah, St Agnes dr Praha, Beato Charles yang baik)
Bacaan I T. Ester 4:10a-12.17-19
Mazmur Tanggapan Mzm 138:1-2a.2bc.3.7c-8
Injil Matius 7:7-12



"Tetapi, selamatkanlah kami ini dengan tanganMu, tolonglah aku yang seorang diri ini...."

T. Ester 4:19








SEJADINYA kita berjuang dalam hidup ini. Segala kekuatan rasanya kita miliki. Dengan segala kemampuan itu kita jalani hidup ini.




TAK ada yang kurang dari semuanya. Sebab Tuhan anugerahkan segala yang kita impikan. Sebab bagi kita hidup mesti jadi rentetan perjalanan tarik dan hembuskan nafas penuh keindahannya.



TETAPI, sebenarnya dalam hidup itu sendiri tersimpan sekian banyak pelajaran penuh makna. 'Ketidakberdayaan serta ketaksanggupan' dalam cahaya kisah Ratu Ester mesti jadi satu inspirasi teduh. Kita, manusia, ternyata bukanlah segalanya.



Baca juga yang ini; Sekedar Mempertimbang Mulai Sekolah Jam 5 Pagi


APA yang sebenarnya kita andalkan di hidup ini? Apa sesungguhnya yang dicari dan diimpikan? Apa yang mesti jadi garansi dalam hidup yang memaksa hati kita sekian tertaut dan terlekat?




DI SEKELILINGI kita ada bahaya maut yang tetap membayangi dan siap menimpah diri dan hidup kita (cf T Ester 4:10a). Di seputaran diri ada hal-hal yang mencekam. Semuanya ingin bicara bahwa kita sungguh rapuh, rentan dan lemah. Bahkan kita, sebenarnya, tidaklah istimewa.



RATU Ester masuk ke alam kepasrahan pada Tuhan. Itulah kepasrahan aktif untuk memandang Tuhan di atas segalanya dan sebagai Penolong. Tiada apa dan siapapun yang jadi 'rekan seperjalanan harapannya.' Ratu Ester sungguh ada dalam kesendiriannya.




SETIAP kita berziarah untuk 'mendapatkan banyak.' Untuk menemukan apa yang menjadi pegangan hidup, sandaran hati serta jaminan jiwa.



TETAPI, tidak kah sebenarnya bahwa di perjalanan hidup ini, kita sebenarnya juga masuk dalam alam 'keterlepasan, ketiadaan atau kehilangan?' Dan kita akhirnya benar-benar: "Tinggallah kusendiri terpaku menatap langit."

Tetapi bersyukurlah! "Sebab Langit selamanya tak pernah diam. Langit tak pernah kosong." Selalu ada jawaban pasti dariNya.



Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; PANTANG MENYERAH. SELALU ADA JALAN. LAKUKAN YANG TERBAIK. DAN PASTI TAK AKAN PERNAH PERCUMA..


SEPATUTNYA kita berani belajar untuk sebuah kepasrahan diri. Untuk sebuah hati yang ikhlas dan mengikhlaskan. Hanya dengan itu, Tuhan pasti akan datang untuk memenuhi jiwa kita. Untuk meneguhkan hati yang remuk. Dan itulah yang dialami Ratu Ester, dalam segala kepasrahan hati dan jiwanya pada Tuhan.




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati. Amin.
Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan.Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia

Socio Economic Empowerment Diakonia Pastoral Service

 

Dampak Perubahan Iklim di Manggarai Timur

Posting Komentar

0 Komentar