Header Ads Widget

Pater Kons Beo, SVD; INGIN keluar dari zona putus asa?

 UMPUNGJAYASIAR.COM

Roma, Jumat, 24 September 2021



*(Pekan Biasa XV - St Gerardus Sagredo, St Pasifikus)*

Pater Kons Beo, SVD, Tinggal di Roma

Bacaan I Hagai 2:1b - 10

Mazmur Mazmur 43:1.2.3.4

Injil Lukas 9:18-22


*"Confortare omnis popule terrae"*

Hagai 2:5

Kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri....


umpungjayasiar.com. KECEWA? Putus asa? Hilang semangat? Tak ada mood lagi? Rasa hati datar? Tawar? Kosong? Ingatlah! Kisah hati kelabu bisa hinggap pada siapa saja.

ITU semua lantaran impian tak tercapai. Harapan terkubur. Cita-cita telah kandas. Mimpi tak menjadi nyata. Segala rencana jadi buyar berantakan! Ketika keinginan sebatas bagai pungguk rindukan bulan_. 

KEMEGAHAN Rumah Tuhan seperti dulu tak nampak lagi. Yang sekarang ini? "Bukankah keadaan sekarang kamu katakan sama sekali tak berarti?" (Hagai 2:4).

HAGAI, nabi Tuhan, sungguh menyentuh rasa hati bangsa Israel. Tiada yang dapat dibanggakan dari tampilan Rumah Tuhan, Allah Israel. 

TETAPI, atas nama Tuhan, Hagai harus membesarkan hati para pemimpin dan seluruh bangsa Israel. Semuanya akan berlalu. Rasa tak puas dan penuh kecewa itu akan segera berakhir.

"KUATKAN hatimu, hai segala rakyat negeri" (Hagai 2:5). Itulah kata-kata Tuhan melalui Hagai. Israel tak boleh tetap tinggal dalam gelimangan air mata putus asa. Dalam Tuhan selalu ada *HARAPAN*. 

INGIN keluar dari zona putus asa? Ingin bangkit dari area yang 'itu-itu saja?' Ingin bebas dari suasana yang 'begini-begini terus?' Ingin move on dari keadaan serba minus_? 

INGATLAH kata-kata Hagai! 'Tetap kuat dalam hati; Roh Tuhan tetap tinggal bersama.' Tetapi, tak boleh tetap berpangku tangan. Perubahan butuh kerja keras dan tindak nyata. Bukankah Tuhan, melalui Hagai, ingatkan pula: "Bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kalian!" (Hagai 2:5).


*Verbo Dei Amorem,*


Tuhan memberkati.

Amin.


Rapat koordinasi pengurus rumpun Pewartaan

Acara perpisahan dengan Pater Nus,SVD


Posting Komentar

0 Komentar