Header Ads Widget

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong : Persekutuan Untuk Menolong Dan Memberdayakan Umat Secara Sosial Ekonomi

 UMPUNGJAYASIAR.COM

Persekutuan Umat KBG Sta.Elisabeth


Kegiatan-kegiatan Pastoral minggu ini di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

 

Kunjungan anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur asal Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

umpungjayasiar.com, Ruteng. Yohanes Halut S.TP, anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur asal Kabupaten Manggarai,Sabtu (30/10/2021) bertandang ke Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong untuk mengetahui kemajuan dari karya-karya Pastoral dan menyerahkan bantuan untuk mendukung kegiatan liturgia. Sebagai salah satu umat Paroki yang saat ini berdomisili di Kupang, ada keingintahuan tentang perkembangan Paroki terkait layanan pastoral agar bisa ikut memberi masukan demi kemajuan paroki di masa mendatang. Dia diterima secara informal oleh Pastor Paroki, Dewan Pastoral dan pegawai Paroki di pendopa pastoran.

Johat Halut bertemu Pater Kris

Secara sekilas dalam suasana santai, sambil minum kopi arabika Manggarai, Richard Urut menjelaskan tentang beberapa kemajuan kegiatan pastoral di bidang diakonia, dimana Paroki melaui seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) telah melaksanakan beberapa kegiatan diakonia karitatif, seperti memfasilitasi layanan vaksinasi covid 19, pengobatan gratis, memberi bantuan sembako kepada kelompok rentan selama masa pandemic covid-19. Selain itu, sebagai bagian intergral dari gereja lokal Keuskupan Ruteng yang sedang mempromosikan Pendekatan Pastoral Kotekstual melalui Gerekan Gereja Kehadiran, Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, kegiatan pastoral diakonia ini terlaksana atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Manggarai, seksi PSE dari Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Missionprokur SVD Swiss, dan Jaringan Masyarakat Katolik melawan Covid (JKMC).

Bentuk kegiatan konkritnya, antara lain penyediaan bibit babi, ternak kambing, aneka jenis benih sayur-sayuran, menyelenggarakan pelatihan-pelatihan pertanian serta pendampingan tehnis dan motivatif.

Lejong Pastoral bersama Johan Halut

Rencana ke depannya adalah beberapa KBG didorong untuk melaksanakan kegiatan produktif di bidang pengembangan hortikultura dan peternakan serta mengajak mereka masuk menjadi anggota Koperasi Kredit.

Sedangkan Pater Kristianus Sambu, SVD, Pastor Paroki, pada kesempatan itu, kepada Johan menjelaskan tentang strategi pastoral yang sedang dikembangkan oleh Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong untuk  mengimplementasi empat layanan Pastoral, yaitu Pengudusan (liturgia), Persekutuan (koinonia), Perwartaan (kerygma) dan Pelayanan (diakonia).

Menurut Pater Kris, Paroki sedang mendorong keterlibatan seluruh umat untuk ikut berpastoral secara aktif sebagai persekutuan gereja, hal ini harus dilakukan untuk menghilangkan ketergantungan kepada pastor (pastorsentris) dalam menjalankan seluruh kegiatan Pastoral.

Sejauh ini, tambah Pater Kris, Dewan Pastoral Paroki, Pengurus Wilayah, Pengurus KBG dan umat semakin menyadari perannya, satu indikasinya adalah selama bulan Rosario KBG-KBG melaksanakan Katekese secara mandiri dan mereka melakukan aksi kemanusian membantu yang menderita atau kekurangan atas inisiatif kolektif mereka sendiri.

Pada bulan Mei 2021 lalu, seluruh pelayanan gereja khususnya Tim Pewarta Paroki bersama Pastor Paroki dan Pastor Rekan turun ke Kelompok-Kelompok Basis Gerejani (KBG) untuk melaporkan dan menjelaskan tentang pencapaian program-program paroki pada tahun 2019/2020, keterlibatan paroki pada pertemuuan-pertemuan pastoral di level Kevikepan dan Keuskupan Ruteng, penggunaan anggaran paroki (keuangan) dan menjaring pikiran umat untuk dijadikan bahan pada penyusunan Program Pastoral Paroki tahun 2021/2022.

Johan beri bantuan soundsistem gereja

Keterlibatan seluruh umat, lanjut Pater dalam menyukseskan Program-Program paroki atau reksa Pastoral menjadi pendekatan yang khas di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong.

“Rencananya pada bulan Nopember 2021, Pastor Paroki dan Dewan Pastoral akan berkunjung ke Wilayah-wilayah untuk musyawarah bersama Pengurus Wilayah, KBG dan Tokoh umat di sana guna memperdalam gagasan-gagasan umat yang disampaikan pada kunjungan pastoral bulan Mei. Melalui pendekatan partisipatif dalam semangat komunio pihak-pihak tadi akan menentukkan program dan kegiatan apa yang dibutuhkan umat dan diputuskan pada pertemuan itu, untuk dimasukan ke dalam program pastoral paroki tahun 2021/2022,”ungkap Pater Kris.

Terobosan baru yang dibuat oleh paroki tahun ini adalah mengupayakan peningkatan kapasitas pengurus-pengurus KBG terkait katekese (pewartaan) khususnya menyangkut metode katekese dan strategi dinilai berhasil karena fasilitator katekese ada di setiap KBG sekarang ini, sebelumnya TIM Katekese Paroki dan ke depan mereka dilatih lagi untuk lebih terampil dalam proses.

Namun pekerjaan rumah yang agak berat ke depan, kata Pater Kris adalah memperbaiki kondisi Gereja yang sudah mulai rusak, atapnya sudah bocor, jika hujan turun lantai depan pintu masuk tergenang air dan hal ini sangat mengganggu kenyamanan umat saat merayakan ekaristi. Situasi ini akan dibicarakan juga bersama umat saat kunjungan pastoral pada bulan November 2021.

Terhadap laporan lisan yang disampaikan secara informal ini oleh Seksi PSE dan Pastor Paroki, Johan memberi tanggapan positif, yaitu mengapresiasi apa yang telah dibuat oleh Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong dan berharap terus dilanjutkan.

“Saya tidak menjanjikan apapun terhadap program/kegiatan paroki ke depan namun sebagai umat saya bersedia untuk ikut terlibat memberikan dukungan sejauh kemampuan saya khususnya untuk perbaikan Gereja, sedangkan untuk bantuan kepada umat yang bekerja sebagai petani saya berusaha mencari dukungan yang dibutuhkan, tetapi sekali lagi saya tidak menjanjikan apapun, berharap upaya saya berhasil seperti yang pernah saya lakukan untuk mencari dukungan ternak sapi dan kambing bagi petani di beberapa kampung di Manggarai tahun lalu,”kata Johan.

Kegiatan-kegaitan diakonia Karitatif yang dilaksanakan oleh KBG-KBG minggu ini.

Pengurus dan Umat di KBG Santu Stefanus Wilayah III Ka Sale, Selasa (26/10/2021) menyerahkan bantuan sembako kepada 2 pemuda yang mengalami disabilitas jenis tuna netra, yaitu Rikard dan Risal.  Bapak Toni Jandu bersama umatnya di KBG Santa Perawan Maria, Sabtu (23/20/2021) memberikan bantuan sembako kepada 2 orang tua lanjut usia (Lansia), mama bibi dan bapak Yosep Jeheot yang mengalami disabilitas tuna netra.

KBG St.Stefanus, Ka Sale

Sedangkan umat di KBG Benteng Gading Wiayah VII Perumnas,Jumaat (29/10/2021) melaksanakan aksi kemanusian, sebagai aksi konkrit dari hasil katekese pertemuan keempat yang membahas sub tema Yesus Sahabat bagi Mereka yang bertobat dengan memberikan bantuan berupa uang kepada salah satu umat KBG yang membutuhkan pertolongan. Bantuan ini diserahkan oleh ketua Bapak Vitalis, Ketua KBG Benteng Gading.

KBG St.Perawan Maria

Di wilayah IV Redong, Minggu (24/10/2021), ketua KBG Santu Mateus dan Santu Nikolaus melakukan aksi kemanusian dengan memberi bantuan kepada 2 warga KBG yang sedang sakit.

Satu KBG di Wilayah V Tuke, yaitu KBG Santa Elisabeth, Minggu (30/10/2021) membagi sembako kepada 4 orang janda di KBG ini. Bantuan ini diserahkan oleh Bapak Anton Habun, Ketua KBG Santa Elisabeth. Pada hari yang sama umat KBG Santa Elisabeth berziarah ke Gua Maria Wae Ces untuk berdoa dan memperkuat semangat persekutuan.

KBG Sta.Elisabet

Yang tidak kalah menarik dan inspiratifnya, buah dari pastoral persekutuan (Koinonia) terjadi di KBG Santa Felisitas Wilayah VI Mena. Bapak Jack Jehamat, Ketua KBG Felicitas, Sabtu (30/10/2021) bersama pengurus dan umat memberi bantuan sembako, energen dan multivitamin kepada beberapa orang tua lanjut usia (Lansia) yang butuh pertolongan. Dana sumbangan solidaritas merupakan kontribusi dari 36 Kepala keluarga.

KBG Sta.Felicitas Mena

“Sebagia ketua kelompok saya menyampaikan kepada Bapa Mama bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Gereja, karena firman Tuhan mengatakan bahwa kita sebagai manusia perlu saling memberi perhatian dan menolong satu sama selama kita hidup di dunia ini,”ungkap Bapak Jack saat acara penyerahan bantuan soladaritas ini

Menurut Ketua KBG, penerima bantuan merasa senang dan bahagia bukan karena telah menerima bantuan tetapi yang membuat mereka merasa demikian, adalah kehadiran pengurus dan umat KBG untuk berkunjungan (lejong) ke rumah mereka. Ternyata, kehadiran untuk menolong membawa kebahagiaan tersendiri bagi para Lansia. Kegiatan diakonia ini akan menjadi kegiatan atau aksi pastoral rutin setiap tahun di KBT Santa Felicitas.

KBG Benteng Gading

Melalui pesan WhatsApp, Pater Kristianus Sambu, SVD menyampaikan apresiasi kepada pegurus dan umat di KBG-KBG yang telah menjalankan Katekese di Bulan Rosario dan melakukan kegiatan diakonia karitatif, menolong umat yang sedang menderita atas sumbangan kolektif yang didasari oleh semangat komunio/koinonia (persekutuan) umat di KBG-KBG.

KBG St Mateus dan Nikolaus, Redong

“Profisiat kepada pengurus dan umat di KBG-KBG atas terlaksananya kegiatan pastoral pewartaan, pengudusan, persekutuan dan pelayanan pada bulan Rosario tahun ini. Tuhan menurunkan berkat-Nya secara melimpah atas kalian semua. Doa Bunda Maria menyertai kamu,”tulis Pater Kris dalam pesan WhatsAppnya.

Bagian Publikasi : Rikhardus Roden Urut.

Dokumentasi kegiatan-kegiatan Pastoral umat di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

 











 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar