Header Ads Widget

Pater Kons, SVD; Berikanlan tempat itu kepada orang ini......

 UMPUNGJAYASIAR.COM


Pater Kons, tinggal di Roma,Italia




Roma, Sabtu, 30 Oktober 2021

*(Pekan Biasa XXX - St Marcellus)*


Bacaan I Roma 11:1-2.11-12.25-29

Mazmur 94:12-13a.14-15.17-18

Injil Lukas 14:1.7-11


*"Da huic locum!"*

Luk 14:9

(Berikanlan tempat itu kepada orang ini)


MASIH tetap seputar sikap rendah hati. Ini berkaitan pula dengan kekuatan diri. Siapapun pasti _kenal akan diri sendiri_. Maka, ambillah posisi yang benar sepadan dengan kemampuan diri, bakat atau minat dalam diri sendiri.  


AMBILLAH posisi itu bila memang merasa terpanggil untuk itu. Siapapun terpanggil untuk _punya tempat tertentu_. Demi membangun dunia dan kebersamaan. Tak ada yang salah demi _right man on the right place_.


MEMANG acapkali ancaman pencitraan dan popularitas sering mendera. _'Nekat ambil tempat depan dan terhormat_ tanpa pertimbangan bahwa ada orang lain yang lebih pantas adalah kekonyolan! Terlanjur posisikan diri di _level mewah_ pun berhasrat tinggi untuk dipandang sebagai bagian dari _jajaran elitis_ sungguh membahayakan!


POSISI terdepan, popularitas, punya nama besar, merasa punya pengaruh, atau merasa diperhitungkan kerap menjadi impian yang diburu. Atau setidaknya mendapat kesan publik sedemikian!


TAK usah berkecil hati untuk lepaskan tempat terdepan yang bukan seharusnya. Tak boleh bermuram durja untuk kosongkan posisi itu demi sesama yang lebih pas. Itulah sikap dari aura jiwa satria! Tetap ada kerendahan hati.


MAKA menjadi jelas bahwa ini bukan soal _posisi depan_ atau _posisi buntut_, tetapi apakah ada keberanian untuk mengatakan pada diri sendiri: saya bisa atau sebaliknya tak layak di tempat atau _posisi depan_ seperti itu? Maka, sekali lagi, di situlah kerendahan hati sungguh menjadi kunci utama. 


YAKINLAH! Oleh kerendahan hati tak akan ada _ribut-ribut_ karena gelora ingin merebut tempat atau mencaplok posisi. Karena setiap orang sudah pada tahu di tempat mana sepantasnya ia berada.


*Verbo Dei Amorem Spiranti*


Tuhan memberkati.

Amin

Posting Komentar

0 Komentar