Header Ads Widget

Pater Kons Beo,SVD; KEGELISAHAN pada harta dan materi,

 UMPUNGJAYASIAR.COM

Pater Kons Beo,SVD Tinggal di Roma, Italia



*(Pekan Biasa XXXI - St Hubertus, St Malakios, St Martin de Porres, Sta Silvia)*


Bacaan I Roma 13:8-10

Mazmur 112:1-2.4-5.9

Injil Lukas 14:25-33


*"....non potest meus esse discìpulus"*

Luk 14:27

(....ia tidak dapat menjadi muridKu)


TIDAK sekedar mengikuti Yesus dan menjadi muridNya. Ada syarat khusus yang mesti menjadi perhatian. Tak bisa disepelekan begitu mudahnya.


BERSERAH diri mutlak pada Yesus, itulah keluhuran martabat seorang murid. Di situ, seorang murid mesti dibebaskan dari jaminan  relasi personal dengan para 'kecintaan' dan 'kedekatannya.'


YESUS pun masih isyatkan adanya kesetiaan pada salib. Tantangan, tekanan, dan  sekian banyak pergulatan hidup mesti dihadapi dengan iman sebagai pengikut Yesus.


KEGELISAHAN pada harta dan materi, sering kali juga menjadi kendala tersendiri. Kelekatan hati pada segala milik,  orientasi pada menimbun harta serta menggemukkan pundi-pundi yang egosentrik adalah racun maut dalam mengikuti Yesus.


'MEMBENCI para kecintaan' itu dimaksudkan agar hati kita bisa lebih melebar untuk membentuk persatuan semesta dalam Kasih. Dengan memangkul salib, kita belajar untuk hadapi situasi tersulit dengan jiwa besar dan selalu berharap pada Tuhan.


DENGAN 'melepaskan diri dari harta milik' kita dijauhkan dari segala kegelisahan yang tak pantas. Tetapi, bahwa kita pun tertantang untuk lembutkan hati demi berbelaskasih dan berbagi dengan mereka yang serba berkekurangan. Mereka yang tak beruntung nasibnya. Itulah ciri kemuridan dalam Yesus, Tuhan dan Guru.


*Verbo Dei Amorem Spiranti*


Tuhan memberkati.

Amin.

Posting Komentar

0 Komentar