Header Ads Widget

Pater Kons Beo, SVD ; MAKA, berpuasalah demi situasi sesama dan dunia..

Pater Kons Beo, SVD tinggal di Roma

Bacaan I Yesaya 58:1-9a

Mazmur Tanggapan 51:3-4.5-6a.18-19

Injil Matius 9:14-15

*Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa"* Mat 9:15

(Vènient autem dies cùm auferètur ab eis sponsus: et tunc ieiunàbunt)


BANYAK hal yang diajarkan Yesus bagi para murid. Tinggal bersama  Yesus dan mengikutiNya adalah proses menjadi murid. Di situ, ada sekian banyak pembelajaran yang amat berarti.


TAK hanya menangkap pesan-pesanNya melalui pengajaranNya, para murid pun mesti belajar untuk berbuat dan bertindak. 


DALAM Yesus, aksi berbuat dan  bertindak itu selalu ada di dalam kerangka nilai. Maka di situ, sekian banyak nilai mesti diunggulkan para murid. Semuanya demi kehidupan bersama atas  dasar Kasih, Kebenaran, dan Keadilan.


ADA bersama Yesus, tak serta membuat para murid segera memahami segala yang diajarkan dan diperbuat Yesus. Sangsi, ragu-ragu, dan penuh tanya tetap menjadi pengalaman nyata dalam mengikutiNya. 


TETAPI, ada saatnya ketika Sang Mempelai diambil dari mereka, maka puasa itu harus dinyatakan. Segala yang diajarkan, apa yang ditangkap dari sikap, tindakan dan perbuatanNya serta cara hidup Yesus mesti dinyatakan dan dilanjutkan para muridNya.


HIDUP yang berbuah adalah hidup yang lahir dari sikap pemberian diri. Di situlah, nilai injili menuntun para murid untuk keluar dari diri sendiri kepada sesama, dan menuju dunia yang lebih luas. 


KISAH menuju dunia dan demi sesama menuntut sikap penuh pengorbanan. Dan sungguh, kehidupan menuntut pengorbanan. 


PUASA melemahkan secara benar dan tepat sikap kita manusia yang terlalu cemas pada diri sendiri. Yang harus bentengi diri sendiri dengan rupa-rupa keterjaminan. 


MAKA, berpuasalah demi situasi sesama dan dunia, yang keadilan - kebenaran - dan perdamaian, telah direnggut dari keseharian hidup mereka. Ini hanya mungkin jika sungguh memiliki hati yang berkeadilan, dan berani demi damai dan cinta kasih.


*Verbo Dei Amorem Spiranti*


Tuhan memberkati.

Amin.

Posting Komentar

0 Komentar