Header Ads Widget

Romo.Jhon Tanggul ; Selama masa Prapaskah kita Fokus Kepada Allah dan Sesama


FOKUS KEPADA ALLAH DAN SESAMA

(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Minggu, 6 Maret 2022

MINGGU PRAPASKAH I

Lk. 4:1 - 13 : Pencobaan di padang gurun


Injil hari ini berkisah tentang Yesus yang digoda iblis, selama 40 hari berpuasa. "Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. 

Di situ Ia tinggal 40 hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar" (Lk.4: 1 -2). Kita pun pasti sudah pernah, bahkan selalu digoda iblis "di padang gurun"  hidup kita masing-maaing sepanjang umur hidup kita kapan dan di mana saja. 


Dalam Injil Lk.4:1-13,  Godaan iblis itu mengacu pada tiga hal/tiga nafsu/"tiga gila". 


Pertama: Gila Harta: iblis menggoda Yesus untuk mengubah batu menjadi roti. Godaan untuk mencari harta sebanyak-banyaknya, tanpa bergantung kepada Allah. Harta kekayaan adalah segalanya.  Ini namanya GILA HARTA/GILA KEKAYAAN. (Jika tidak terpenuhi keinginannya, bisa jadi GILA benaran). "Jika Engkau Anak Allah,  suruhlah batu ini menjadi roti.. Kata Yesus,  Manusia hidup bukan dari roti saja" (Lk. 4:3-4).


Kedua: Gila hormat:  godaan untuk menyembah/menghormati iblis agar mendapat kerajaan di dunia ini. Asal menghormati iblis.  Ini namanya GILA HORMAT. (Jika tidak dihormati, bisa jadi Gila benaran). Bagi Yesus Kerajaan yang sejati adalah Kerajaan Allah. "Jika Engkau menyembah aku,  seluruhnya itu (seluruh kerajaan dunia) akan menjadi milikMu.. Kata Yesus: Enyahlah Iblis!! Engkau harus menyembah Tuhan AllahMu dan hanya jepada Dia sajalah engkau berbakti" (Lk. 4:5-8).


Ketiga: Godaan untuk memamerkan kekuasaan bahwa Ia adalah Anak Allah. "Jika Engkau Anak Allah,  jatuhkanlah diriMu dari sini (dari bubungan Bait Allah) ke bawah,  maka Allah akan memerintahkan malaekat2Nya untuk melindungi Engkau.. " (Lk. 4:9-11). Ini namanya  "GILA KUASA". (Kalau hasrat utk menguasainya tidak terpenuhi, bisa jadi Gila benaran).  Yesus menepisnya dengan berkata:"Jangan Engkau mencobai Tuhan Allahmu" (Mat. 4:12).


Tiga godaan/nafsu ini bisa dinamakan tiga gila yakni gila harta,  gila hormat,  gila kuasa. 


Berhadapan dengan tiga godaan/tiga nafsu/tiga "gila" ini,  Yesus menegaskan sikapnya sebagai Putera Allah.  Ia justeru menekankan KEBERGANTUNGANNYA PADA ALLAH dengan segala RENCANA DAN KEHENDAKNYA. Di hadapan godaan iblis itu Yesus tetap memperlihatkan kesetiaanNya kepada ALLAH dan rencana serta kehendakNya untuk menyelamatkan manusia (saya dan anda/orang lain). 

Yesus tetap FOKUS KEPADA ALLAH (dgn segala rencana dan kehendakNya) DAN FOKUS KEPADA  MANUSIA (tujuan karya keselamatannya).


Puasa dan pantang pada masa Tobat ini  berdaya guna untuk menyelaraskan atau mengalahkan kehendak pribadi yang "gila" dengan KEHENDAK ALLAH SENDIRI.

Selamat berfokus kepada ALLAH dan SESAMA pada masa Prapaskah ini dengan  berpuasa dan berpantang, meningkatkan perbuatan Amal Kasih, memberi derma dan sedekah, rela dan sadar memberikan APP (membantu sesama yang lebih berkekurangan/lebih menderita dari kita sendiri)! 


Semoga Allah Tritunggal Mahakudus (+) MEMBERKATI kita sekalian yang tetap fokus kepada Allah dan sesama di "padang gurun hidup" kita saat ini di sini. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar