Header Ads Widget

Romo Jhon Tanggul ; KASIHILAH DAN DOAKANLAH MUSUH-MUSUH KITA!


KASIHILAH DAN DOAKANLAH MUSUH-MUSUH KITA!


(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Sabtu,  12 Maret 2022

Minggu Prapaskah I/C


Mat.5:43-48: Yesus dan hukum Taurat


Saya dan anda punya "musuh"? Hampir pasti,  ada "musuh"!! Musuh ringan,  sedang,  berat, bahkan bisa ada dalam keluarga (pasutri,  anak). Musuh dalam hati!!   Kalau ada, hampir pasti HIDUP,  terutama HATI terganggu: sakit hati,  marah,  benci, ingin balas dendam,  tidak aman,  tidak damai,  tidak tenang,  dll. 

Seorang Pastor yang ditanyai umat bagaimana cara menghadapi orang yang telah melukai hatinya (musuh) menjawab:"Doakan saja orang tersebut!! Maka engkau akan hidup aman,  tenang,  damai".

Injil hari ini berbicara tentang mengampuni musuh.  "Kasihilah musuhmu dan BERDOALAH bagi mereka yang MENGANIAYA kamu" kata Yesus kepada saya anda dalam Injil hari ini (Mat. 5:44). 

Tuhan ingin kita MENCINTAI SEMUA ORANG (termasuk dan terutama MEREKA YANG MEMBENCI   atau YANG MENGANIAYA/MENYAKITI HATI SAYA,). Tuhan mengajar dan mengajak saya dan anda untuk hidup "biasa-biasa saja", baik-baik sajalah dengan siapa saja,  termasuk dengan musuh-musuh kita. Dengan begini,  saya,  anda akan HIDUP TENANG,  AMAN,  DAMAI,  "TANPA ADA SOAL/MASALAH". Yang pasti,  orang yang membenci kitalah yang tidak tenang,  sakit hati,  iri hati,  dan sikap negatip lainnya.  

Yesus mengajar dan mengajak kita untuk jangan membalas kebencian dengan kebencian", tetapi balas dengan CINTAKASIH. Kalau kebencian dibalas dengan kebencian,  dendam dibalas dengan dendam,  maka lingkaran kejahatan (lingkaran sakit hatinya, lingkaran tidak aman,  tidak damainya) TIDAK AKAN PERNAH PUTUS.  HANYA CINTA YG MAMPU MEMUTUSKANNYA. Yesus,  guru Agung kita telah mempraktekkan itu dengan mengampuni dan mendoakan musuh-musuhNya: "Ya Bapa,  ampunilah mereka,  sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat".

Coba ingatlah musuh-musuh kita!!  Mulai hari ini,  cintailah mereka!! Ampunilah mereka! Maafkanlah mereka. Doakanlah mereka!  Kita pasti akan tenang!! Yakin ini!! 

Semoga Allah Tritunggal Mahakudus (+) MEMBERKATI kita sekalian yang mencintai dan mendoakan semua orang, terutama dan termasuk musuh2 kita. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar