Header Ads Widget

Romo Jhon Tanggul ; Puasa dan Pantang diwujudnyatakan dalam Aksi Puasa.Pembangunan

PUASA DAN PANTANG DIWUJUDNYATAKAN DALAM BER "APP"


Bersedekah
Berdoa, Pantang, Puasa dan Bersedekah



(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Jumat, 4 Maret 2022

Hari Jumat sesudah Rabu Abu

Mat. 9:14-15: Hal berpuasa


Murid-murid Yohanes (mungkin saya, anda?) datang kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, dan murid2Mu tidak?". Jawab Yesus:" Dapatkah sahabat2 mempelai laki-laki BERDUKACITA selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang MEMPELAI ITU DIAMBIL DARI MEREKA dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa" (Mat. 9:14-15).

Kewajiban agama,  berpuasa, dan berpantang bukanlah sesuatu untuk dipamerkan atau dipertontonkan supaya bisa dilihat orang. Maka perlu diketahui dan dihayati makna dari sebuah puasa dan pantang. 

Puasa berarti mengurangi "porsi makanan dan minuman sehari dari porsi yang normal" dan porsi yang dikurangi itu diberikan untuk orang lain yang lebih berkekurangan atau lebih membutuhkannya. Misalnya porsi normal makan 3 kali sehari. Waktu puasa cukup 2 porsi yg dimakan,  satunya jatah utk didermakan untuk orang lain.

Pantang juga mempunyai arti yang sama,  tapi lebih berkaitan dengan "selera": mengurangi atau mengorbankan selera,  tetapi bukan untuk "hemat" melainkan untuk "didermakan" untuk orang lain. Misalnya korbankan selera "merokok" untuk didermakan atau disedekahkan kepada orang lain.  Dan itulah yang selama ini kita praktekkan dengan memberikan APP (Aksi PUASA Pembangunan). 

Hasil puasa dan pantang adalah APP. Puasa dan pantang menghasilkan APP; Puasa dan pantang diwujudnyatakan dalam bentuk pemberian APP.

Dengan berpuasa dan berpantang, dengan ber-APP,  kita lebih fokus kepada Tuhan dan orang lain; kita berkeyakinan bahwa kita telah MEMBAWA, MEMBERI DAN MEMBAGI BERKAT BAGI ORANG LAIN; Kita membawa, memberi dan membagi DARI KEKURANGAN  kita kepada orang lain yang lebih berkekurangan dari kita. 

Kita "mengunjungi"  mereka yang berkekurangan dengan berpuasa, berpantang,  ber-APP. Kunjungan kita ini akan dibalas oleh Tuhan sendiri; Tuhan akan mengunjungi kita dan tinggal bersama dengan kita. 

Kita tinggal bersama "mempelai" kita. Itulah bonus Puasa dan pantang dan berbagi/ber APP.


Selamat berpuasa dan berpantang! Selamat berbagi. Selamat ber-APP!

Semoga Allah Tritunggal Mahakudus (+) MEMBERKATI  kita sekalian yang berpuasa, dan berpantang dan berbagi/ber- APP dengan tulus hati pada masa Prapaskah tahun 2022 ini. Amin.


Kopi Arabika Juria Produksi KKM, HARGA TERJANGKAU


Posting Komentar

0 Komentar