Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik ; ADAKAH Kisah-Kisah Hidup Yang Sungguh Membuat Putus Asa?

Jumat, 09 Juni 2023
(Pekan Biasa IX, St Efrem, St Felisianus, St Joseph anchieta, St Primus)
Bacaan I Tobit 11:5-14
Mazmur Tanggapan Mzm 146:1.2abc.7.8-9a.9bc-10.
Injil Markus 12:35-37



Baca juga yang ini : Renungan Harian Katolik: MARI Bersyukur Atas Rahmat Kehidupan Ini


"Sungguh, aku telah disiksa oleh Tuhan, tetapi aku melihat kembali anakku Tobia!"  Tobit 11:14
(Quia tu castigasti me, et tu salvasti me: et ecce ego video Tobiam filium meum)




ANTARA MATA LAMA DAN MATA BARU




ADAKAH kisah-kisah hidup yang sungguh membuat putus asa? Adakah tantangan dan cobaan kehidupan yang sungguh beratkan kaki untuk melangkah?




COBAAN demi cobaan mesti dihadapi Tobit. Hidup penuh damai, tenang dan sejahtera telah jauh darinya. Hari-hari hidupnya berubah jadi keluhan dan tangisan. Dan bahkan sebuah rencana nekat akhiri hidup ada di benaknya. Namun, pada akhirnya semuanya berubah.



KATA-KATA Rafael sungguh membesarkan hati Tobia untuk menyembuhkan Tobit, ayahnya dari kebutaan. Dan pada saatnya semuanya terjadi! Bintik-bintik putih di mata Tobit terlepas dan ia pun dapat melihat kembali.




TAK sekedar melangkah dalam ziarah kehidupan. Tetapi bahwa hidup itu sendiri bentangkan aneka tantangan dan ujian. Dan kita sendirilah yang siapkan perangkat ujian kehidupan itu. Tetapi Tuhan pasti tunjukan kuasaNya saat kita sungguh 'buta mata dan gelap hati.'



Baca juga yang ini sangat menarik: Renungan Harian Katolik: KEHADIRAN YANG MEMBAWA KETEGUHAN HATI DAN HARAPAN IMAN


DALAM kuasa Tuhan, kisah kegelapan bagi Tobit berubah jadi terang bercahaya. Ratap tangis dan keluhnya segera berlalu. "Aku melihat engkau, anakku, cahaya mataku! Terpujilah Allah! Terpujilah namaNya yang besar!" (Tobit 11:14).



ADAKAH manusia sungguh bebas dari: jalan hidup yang sulit, berliku, penuh tanya, terasa pahit dan didera putus asa? Saatnya Tuhan datang untuk menjadi Sahabat. Agar mata kita 'terbuka untuk kembali melihat segalanya dengan jelas.' Agar budi kita dapat berpikir terbuka. Agar hati kita menjadi bijak dan tenang.




TIDAKKAH berkat Tuhan datang pada siapapun yang berharap padaNya? 'Mata setiap kita mesti disembuhkan agar dapat melihat semuanya secara baru. Di dalam kuasa Tuhan sendiri.'




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin

Posting Komentar

0 Komentar