Header Ads Widget

Renungan Harian KATOLIK ; Berbahagialah Orang Yang Berbicara di Bawah Ilham Roh Kudus

Selasa, 13 Juni 2023

(Pekan Biasa X, St Antonius dr Padua, St Gerardus dr Clairvaux)*




Bacaan I 2Korintus 1:18-22

Mazmur Tanggapan Mzm 119:129.130.131.133.135.

Injil Matius 5:13-16




"Berbahagialah orang yang berbicara di bawah ilham Roh Kudus"

(St Antonius dr Padua, 1195 - 1231)




MARILAH kita bersyukur pada Yang Kuasa. Ada banyak karunia yang telah kita dapati. Sebutkan satu di antaranya ialah 'kesanggupan berbicara atas ilham Roh Kudus.'





KARENA karunia itulah bicara kita menjadi terarah, terukur dan ada dalam kerangka _akibat yang positif_. Ilham Roh Kudus dalam berkata-kata itulah yang berdampak pada kisah-kisah hidup dan kebersamaan yang indah.




TENTU hal ini nyata karena bicara kita itu membawa harapan dan kekuatan. Kata-kata kita membuat sesama terinspirasi untuk menemukan jalan keluar  yang sewajarnya dari kesumpekan persoalan. Daya suara dan kata-kata kita pun memperteguh kerukunan. Mempererat rasa persatuan. Saat yang bermusuhan mau berjabat tangan. Dan yang berlawanan segera sudahi pertikaian.




KITA, di keseharian, ada bagusnya miliki kebiasaan untuk memohon kuasa dan kehadiran Roh Kudus. Demi menggapai alam keteduhan hati dalam berbicara. Tak hanya agar dapat berkata-kata, tetapi terutama tetap *bijak dalam berbicara*. Artinya? Yang mesti terekam dan terolah dalam batin adalah agar kata-kata tak asal tempias meluncur keluar. Sebab asal berbicara adalah monster yang mencemarkan dan sungguh menghancurkan kebersamaan.




DALAM perelasian yang kabur seringkali 'ribut-ribut, keretakan relasi, rasa tidak baku enak satu dengan yang lain, rasa tersudutkan' lahir karena lalu lintas bicara yang tidak tertib dan tak trampil dalam berkata-kata.




SEORANG murid Tuhan tetap belajar dan bertahan untuk berbicara dalam ilham Roh Kudus. Roh Kudus adalah ilham pertama dari Kabar Gembira, ya Injil itu sendiri. Maka mari berbicara di bawah ilham Roh Kudus. Dalam nada-nada sukacita-injili dan sungguh menghibur. Itulah, setidaknya, harapan dan seruan dari St Antonius dari Padua.




Verbo Dei Amorem Spiranti


St Antonius dr Padua, doakanlah kami.


Tuhan memberkati.
Amin



Posting Komentar

0 Komentar