Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; KASIH Ditandai Dengan Harapan, Kerinduan Dan Keinginan Teramat Kuat

Sabtu, 17 Juni 2023(Pekan Biasa X, Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria)
Bacaan I Yesaya 61:9-11 Mazmur Tanggapan 1Sam 2:1.4-5.6-7.8abcd
Injil Lukas 2:41-51





"Bapamu dan aku dengan cemas mencari Engkau" Luk 2:48

(Ecce pater tuus, et ego dolentes quaerebamus te)


Tuhan Yang Kucari, Kurindui Dan Kujumpai


Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; KITA Manusia Harus Sering Saling Menahan Dan Memaafkan Banyak Hal. 


KASIH ditandai dengan harapan, kerinduan dan keinginan teramat kuat: bahwa yang dikasihi itu selalu baik-baik adanya.



BAGI yang dikasihi dimohonkan berkat berlimpah. Agar jalani hidup dalam lindungan Tuhan. Kasih tulus akan seseorang membuat siapapun berbuat yang terbaik. Dalam ketulusan dan pengorbanan.




TETAPI, bukankah Kasih isyaratkan pula rasa hati tak karuan? Cemas datang mendera saat dikasihi itu hilang kabar. Jauh dari radar pengetahuan. Adakah sesuatu yang terjadi dengannya? Kecemasan lalu mendesak satu tindakan untuk disikapi.



HATI orangtua, Yusuf dan Maria, diterpa gelisah untuk mencari Yesus, Sang Anak, yang keluar dari mata perhatian. Dan kembali ke Yerusalem adalah jalan keluar yang sepantasnya diambil.



Baca juga yang ini sangat menarik; Satu permenungan IMAN KATOLIK; Pentekosten dan Kisah Berbahasa Kita 


APAKAH yang sungguh mencemaskan kita di hidup ini? Sebuah masa depan yang belum pasti? Satu keadaan yang sulit diramalkan? Dan segala ketidakmenentuan yang sungguh mengganggu batin?



DALAM Tuhan, hidup adalah kepastian dan penuh harapan! Tetapi kenapa ka kita sering hayati dalam sikap batin 'untung-untungan.' Sebagaimana Yusuf dan Maria yang mencari kembali Yesus, kita terpanggil untuk mencari Tuhan untuk mengalami keteguhan hati di dalam hidup.




KITA bisa saja terserap dalam keramaian lalu lintas kehidupan punya kita sendiri. Dalam irama racikan dan keasyikan sendiri. Dunia yang penuh sibuk pun bisa jadi daya tarik yang menjerembabkan siapapun untuk terpisah dari keheningan dan dari mata hati penuh perhatian satu terhadap yang lain.



Baca juga yang ini; Pojok KITAB SUCI; TUBUH KRISTUS SELAMATKANLAH KAMI; DARAH KRISTUS SUCIKANLAH KAMI 


"YESUS, Tuhan yang hilang dan tiada bersama kita memaksa kita untuk pulang ke RumahNya. Untuk mencari dan menemukanNya. Agar bersamaNya, kita lanjutkan kembali ziarah di kehidupan ini.




Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati.

Amin

Pater Kons Beo, SVD, Roma, Italia:
Tuhan Yang Kucari, Kurindui Dan Kujumpai


<

Posting Komentar

0 Komentar