Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Kemiskinan Yang Memperkaya Bukan Kekayaan Yang Mempermiskin

Selasa, 20 Juni 2023 (Pekan Biasa XI, St Adelbertus dr Magdeburg, St Florentina, St Silverius-Paus ke 58, Beata Michelina)

Bacaan I 2Korintus 8:1-9
Mazmur Tanggapan Mzm 146:2.5-6.7.8-9a
Injil Matius 5:43-48





"Sekalipun kaya, IA telah menjadi miskin karena kalian, supaya karena kemiskinanNya kalian menjadi kaya" 2Kor 8:9
(Quoniam propter vos egenus factus est cum esset dives ut illius inopia vos divites essetis)




"Kemiskinan Yang Memperkaya Bukan Kekayaan Yang Mempermiskin"



Baca juga yang ini, Menarik; Renungan Harian Katolik; Tetap Teguh Dalam Kebesaran Jiwa Dan Keagungan Iman Dalam Yesus


TAK hanya berkelimpahan dalam kepemilikan. Tak hanya miliki jaminan dan kemudahan dalam berbagai fasilitas hidup. Untuk bersolider dengan sesama yang tak beruntung nasibnya, siapapun mesti 'merendah dan merasa senasib sepenanggungan.'



KEPADA jemaat Korintus, Rasul Paulus wartakan kerendahan hati serentak kemuliaan Diri Kristus. Dalam Yesus terdapat keikhlasan hati yang kokoh. IA kaya dalam segalanya. Namun IA rela jadi miskin untuk memperkaya manusia dalam kebenaran, keadilan dan kasih karunia.




JEMAAT di Makedonia bagi Rasul Paulus telah jadi contoh penghayatan hidup dalam keikhlasan diri. Rasul Paulus menulis, "Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami"(2Kor 8:5). Dalam situasi penuh kekurangan dan terbatas, mereka subur dalam pelayanan kasih.


Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; KITA Manusia Harus Sering Saling Menahan Dan Memaafkan Banyak Hal. 


DUNIA bisa saja terjerembab dalam jurang memperkaya diri sendiri dan kelompok dengan mempermiskin sesama. Keterjaminan hidup pun sering digapai melalui tindak dan praktek ketidakadilan. Pembenaran demi diri sendiri acapkali diraih dengan mengaburkan kenyataan yang sesungguhnya.




MURID-MURID Yesus, Gereja, tetap dipanggil untuk tidak kehilangan citra pemberian diri yang rendah hati, ikhlas, penuh pengorbanan. Semuanya demi memperkaya dunia, sesama dan kebersamaan dalam nilai-nilai Injil Kerajaan Allah. Kata Rasul Paulus, "Maka sekarang hendaknya kalian kaya dalam pelayanan kasih ini...." (2Kor 8:7)


Baca juga yang ini, Menarik; Renungan Harian Katolik; DIPANGGIL Dan Diutus Adalah Bagian Hidup Amat Penting Dalam Kemuridan

Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberati
Amin

Pater Kons Beo, SVD, Roma, Italia:
"Kemiskinan Yang Memperkaya Bukan Kekayaan Yang Mempermiskin"




Posting Komentar

0 Komentar