Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; DALAM Kebersamaan Di Level Manapun, Tentu Tantangan Bakal Tetap Dihadapi.


Selasa, 24 Juli 2023

(Pekan Biasa XVI, St Yakobus - Rasul)
Bacaan I 2Korintus 4:7-15
Mazmur Tanggapan Mzm 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6
Injil Matius 20:20-28


"Tidaklah demikian di antara kamu....!"
Mat 20:26
(Non ita erit inter vos...)





Baca juga yang ini PENTING: Satu Permenungan IMAN KATOLIK; Menimbang Keletihan Rohani



KITA acapkali bersilangan rasa atau bertaruhan sikap dan aksi. Terkadang berangkat dari hal yang sepele. Bisa juga hingga pada hal-hal yang 'menggunung.'



SEMUA silang selisih itu bisa karena demi popularitas atau pencitraan. Juga karena ingin 'rebut kuasa, jabatan, posisi atau pangkat.' Sebenarnya, di balik semua itu, ada kepentingan yang diperjuangan. Entah diam tersembunyi atau samar-samar ataupun bahkan terang-terangan.




TAK ada yang salah bagi siapapun demi jajaran depan. Untuk jadi orang 'besar, pertama, untuk jadi pejabat, atau orang yang berkedudukan tinggi. Tetapi, syukurlah bila itu dipandang sebagai medium atau sarana demi pengabdian. Iya, demi pembaktian diri untuk hal atau nilai yang lebih meluas.


Baa juga yang ini, Penting; Renungan Harian KATOLIK;  Tuhanlah Benteng Hidup Kita..



YESUS mesti ingatkan keras para muridNya. Mereka lagi ribut-ribut. Itu karena soal ambisi tak terbendung akan posisi kunci dalam _ada bersama Yesus_. "Tidaklah demikian di antara kamu." Seturut Yesus, yang bersemangat ingin jadi pembesar dan terkemuka, sepantasnya 'ia jadi pelayan dan hamba' dari semua.




DALAM kebersamaan di level manapun, tentu tantangan bakal tetap dihadapi. Katakan saja antara jadi 'pembesar yang mesti melayani atau kah petinggi yang berselera besar untuk dilayani atau ingin dimudahkan segala keinginan.



BAGAIMANAPUN, dalam semangat Yesus, semua kita tetaplah pelayan dan hamba.' Demi hidup dunia dan masyarakat dunia yang semakin bercitra. Itulah panggilan injili dan spirit kemuridan bagi semua kita


Baca juga yang ini, penting; Mengajak Orang Muda Untuk Berbisnis di Dunia Pertanian



AKHIRNYA, tak perlu harus sampai jadi 'yang pertama atau pembesar' untuk kemudian punya kesempatan untuk melayani. Biarlah cukupkan diri dengan semangat rela berkorban, kesetiaan, dan penuh kepedulian akan sesama. Di situlah kita sanggup hadir sebagai yang pertama dan utama 'di sisi kiri - sisi kanan Yesus, Hamba dari semua hamba.




Verbo Dei Amorem Spiranti
St Yakobus, Rasul, doakanlah kami.

Tuhan memberkati.

Amin


Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)

Posting Komentar

0 Komentar