Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Ada Banyak Kesempatan Atau Peluang Bernilai Emas.

Selasa, 29 Agustus 2023

(Pekan Biasa XXI, Wafatnya St Yohanes Pembaptis, St Sabina)

Bacaan I Yeremia 1:17-19

Mazmur Tanggapan Mzm 71:1-2 3-4ab.5-6ab.17

Injil Markus 6:17-29


'Akhirnya tiba juga kesempatan yang baik bagi Herodias...."

Mrk 6:21

(Et cum dies opportunus accidisset Herodiadi)




YANG DIANGGAP KESEMPATAN BAIK SESUNGGUHNYA BURUK DAN MAUT BAGI YANG LAIN




MOMENTUM ulang Tahun Herodes itu mesti dirayakan. Itulah kesempatan bercitra bagi Herodes untuk menyenangkan tamu-tamunya. Perayaan 'berlevel raja dan para petinggi' itu sekiranya tak boleh terhalang oleh apa yang mengganjal di hati.



NAMUN, kesempatan indah ulang tahun itu, nyatanya harus menjadi kesempatan maut demi Herodias. Saatnya dendam kesumatnya terhadap Yohanes Pembaptis mesti terbayarkan. Dan terjadilah: Perayaan kehidupan bagi Herodes mesti diubah oleh Herodias jadi kisah kematian terhadap Yohanes Pembaptis.



HERODES tak mampu untuk 'melembek' pada sumpahnya di depan para tamu terhormat. Walau ada rasa sedih di hati, itu tak cukup untuk mengusir pergi rasa 'turun kehormatan' sekiranya sumpah itu dibatalkan. Dan, kisah tragis itu pun terjadi. Di episode akhir: gadis itu memberikan kepala Yohanes Pembaptis kepada ibunya (Mrk 6:28).




DI HADAPAN dan di sekitar jalan hidup kita terhamparlah 'banyak kesempatan.' Ada banyak kesempatan atau peluang bernilai emas. Di dalamnya kita dapat berjuang untuk berkembang secara pribadi pun demi kehidupan bagi sekian banyak orang. Kita berjuang untuk biarkan berlalu begitu saja kesempatan emas demi nilai-nilai kehidupan.



TETAPI, tidakkah apa yang kita pandang sebagai 'kesempatan emas' seringkali bisa menjadi malapetaka dan kerugian bagi yang lain? Yang akibatkan bencana bagi kepentingan publik?




TETAPI, adakah satu kesempatan, peluang atau 'waktu terbuka' itu dari sananya adalah suram, kelam, hitam atau sebaliknya baik dan indah? Kiranya TIDAK!




KITA, manusia, masih miliki kehendak, gejolak hati, maksud, harapan dan impian. Bersyukur dan terpujilah Anda yang mengisi kesempatan baik dengan wujudnyatakan cita-cita kehidupan yang bercitra.




TETAPI, tidakkah manusia juga terkadang miliki 'misi terselubung' dan agenda-agenda maut yang tersembunyi? Yang hanya menanti saat yang tepat untuk bergejolak? Untuk merusakkan dan menghancurkan? Untuk hanya melayani kepentingan diri dan kelompok sendiri?



DALAM iman akan Yesus, kita miliki banyak kesempatan baik untuk jalani hidup sambil berbuat baik dan dalam spirit pro life, demi kehidupan. Iya, kehidupan yang lebih luas dan kepentingan bersama.




Verbo Dei Amorem Spiranti

St Yohanes Pembaptis, doakanlah kami.

Tuhan memberkati.

Amin



Pater Kons Beo, SVD

Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar

Mangga bantuan  dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia
 dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang.  Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).



Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023). 


Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar