Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Tuhan Tetap Ada Di Sini Dan Selalu Setia

Selasa, 22 Agustus 2023
(Pekan Biasa XX, Sta Perawan Maria - Ratu, Sto Simforianus, Beato Bernardus Peroni)
Bacaan I Hakim-Hakim 6:11-24a
Mazmur Tanggapan Mzm 85:9.11-12.13-14
Injil Matius 19:23-30




"Ah, Tuanku, jika Tuhan menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami?"

Hak 6:13

(Si Dominus nobiscum est cur aprehenderunt nos haec omnia...)




TUHAN TETAP DI SINI DAN SELALU SETIA




Baca juga yang ini, Menarik; Renungan Harian Katolik; Iman Yang Rapuh Membuyarkan Semuanya




SOALNYA bukan pada jauhnya Tuhan, bukan pula pada ketiadaan Tuhan bersama umatNya. Tetapi, sebaliknya, pada jauhnya hati umat Israel dari Tuhan. Ketika kiblat iman mereka berpindah tolak untuk mengarah kepada dewa-dewi asing itu.



BENAR bahwa Gideon 'memprotes' malaekat akan nasib malang yang harus dialami Israel. Gideon menggugat seruan malaekat Tuhan yang menyapanya, "Tuhan sertamu, pahlawan gagah berani" (Hak 6:12). Apakah kehadiran malaikat Tuhan itu justru datangkan malapetaka dan serba ketidakberuntungan? Tidak!




MALAEKAT  Tuhan datang dan tampil untuk membangkitkan kembali kesadaran iman pada Gideon untuk menjadi pahlawan bagi Israel. Bahwa dalam Tuhan selalu ada harapan akan keselamatan. Kata-kata Tuhan pada Gideon sungguh meneguhkan, "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeram orang Midian. Ketahuilah, Akulah yang mengutus engkau" (Hak 6:14).



KITA beriman kepada Tuhan tidak untuk mengalami hidup penuh mujizat dan masuk dalam situasi hidup di luar hal-hal yang sewajar dan seharusnya. Doa dan iman adalah 'panggilan buat kita untuk tak lari dari kenyataan hidup.' Melainkan, dengan penyertaan dan kehadiran Tuhan, kita mampu alami dan lewati kisah-kisah kehidupan. Dan bahkan kita disanggupkan untuk hadapi kisah hidup yang teramat pahit dan getir sekalipun.




BERIMAN adalah sikap penyerahan diri kita pada Tuhan, pada kasih dan penyelenggaraanNya. Tanpa syarat. Tanpa menuntut keharusan adanya tanda-tanda ajaib yang wajib kita alami.



IMAN mampukan kita berdiri teguh, dalam apapun situasi hidup yang kita alami. Iman, sederhananya, adalah 'kekariban saya dengan Tuhan. Yang selalu saya yakini kehadiranNya dalam apapun situasi batin dan suasana hati yang teduh atau pun penuh pergolakan.'




TERKADANG alam hidup bisa terasa 'kering dan tak sejuk segar. Ketika kekariban telah pergi, saat ceriah telah beranjak jauh bagai senja berlalu; ketika para sahabat 'telah mengangkat tumit dan melawan.' Namun, apakah Tuhan tinggalkan kita sendirian? Kata-kata pemazmur sungguh meneguhkan, "Walaupun ayah dan ibuku meninggalkan aku, namun Tuhan menyambut aku" (Mzm 27:10).


"MARI rapihkan kembali iman kita akan kehadiran Tuhan yang mahabaik dan setia. Tuhan tak pernah membiarkan kita sendiri.


Tuhan tetap di sini, bersamamu. Tuhan selalu setia dan penuh kasih."



Verbo Dei Amorem Spiranti
Santa Perawan Maria Ratu, doakanlah kami.
Tuhan memberkati
Amin








Pater Kons Beo, SVD
ROMA, ITALIA





Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar




Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).







Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)




Posting Komentar

0 Komentar