Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Bagaimanapun, Bukankah Kita Masih Miliki Harapan Untuk Keterbukaan Iman Akan Tuhan?

Kamis, 24 Agustus 2023 (Pekan Biasa XX, St Bartolomeus - Rasul, Beato Miroslav Bulesic)
Bacaan I Wahyu 21:9b-14
Mazmur Tanggapan Mzm 145:10-11.12-13ab.17-18



"Mari dan lihatlah!" Yoh 1:47

(Veni et vide)




AJAKAN DEMI KEKUATAN IMAN DAN HARAPAN HIDUP SELALU DIPERDENGARKAN PADA KITA


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Iman Yang Rapuh Membuyarkan Semuanya


TAK selamanya kita sanggup melihat dengan jelas. Selalu saja ada 'yang masih samar terlindung.' Tak selamanya kita dapat memahami sejelasnya. Selalu saja ada yang masih kabur. Belum tersingkap benar di kepala.



YANG belum tersingkap di kepala, hati dan mata iman Natanael (Bartolomeus) adalah sosok "Yesus, Anak Yusuf dari Nazaret." Kata hati penuh spontan, tanpa kepalsuan dari Natanael terungkap, "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" (Yoh 1:46). Dan dari situlah gerak hati untuk mengenal Yesus dari Nazaret segera disusuri.




"Mari dan lihatlah!." Itulah ajakan Filipus agar secara perlahan Natanael semakin menjadi terbuka di dalam pikiran dan hatinya. Demi menggapai iman akan Yesus. Dan masih berada "di bawah pohon ara" (cf Yoh 1:48) dapat direnungkan sebagai 'alam lama Natanael' yang sepatutnya ia tinggalkan demi, bersama Filipus, menuju Yesus, "Rabi, Anak Allah, Raja orang Israel" (cf Yoh 1:49).



Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; Disaat Engkau Harus Memilih....


TAK selamanya kita harus bertahan seterusnya di alam "di bawah pohon ara." Itulah alam pikir dan sikap kita yang 'lama dan belum berubah.' Bagaimanapun, bukankah kita masih miliki harapan untuk keterbukaan iman akan Tuhan? Tuhan selalu dan selamanya telah mengenal siapakah kita! Tetapi, Tuhan tetap menanti kita untuk datang menuju kepadaNya.



Baca juga yang ini, menarik; Yakobus dan Yohanes: Tertekan di Balik Ambisi Kekuasaan?


TIDAKKAH ada sekian banyak orang baik, yang berhati 'Filipus' itu yang kita jumpai dalam keseharian hidup kita? Yang membawa berita penting tentang Kabar Sukacita dan menyejukkan? Berterimakasihlah kepada 'siapapun yang membawa kita kepada Yesus.' Itulah mereka yang bisa saja membawa kita dalam harapan sederhana, dalam doa-doa, dan dalam pengorbanan hidup mereka. Agar kita dapat mencapai Tuhan dan diterima dalam Kasih Tuhan sendiri.



Verbo Dei Amorem Spiranti
St Bartolomeus, doakanlah kami!

Tuhan memberkati.
Amin



Pater Kons Beo, SVD
ROMA, ITALIA


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar

Mangga bantuan  dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia
 dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang.  Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).



Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023). 


Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar