Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; YESUS Pun Nyatakan Para MuridNya Sebagai Terang Dunia

Senin, 25 September 2023
(Pekan Biasa XXV, St Sergius, St Vinsensius Maria Strambi)

Bacaan I Ezra 1:1-6

Mazmur Tanggapan, Mzm 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6

Injil Lukas 8:16-18

"...melihat cahayanya" Luk 8:16
(videant lucem)




TEMPATNYA ITU DI ATAS KAKI DIAN




TAK sekedar bahwa pelita itu bernyala. Tetapi pelita itu mesti ditempatkan di tempatnya. Dan tempat itulah "di atas kaki dian."


PELITA yang bernyala dan ditempatkan di atas kaki dian telah penuhi syarat untuk mencahayai sebuah rumah. Rumah nan terang menandakan pkepastian, harapan dan kecerian. Tak ada yang tersembunyikan. Tak ada samaran dalam kegelapan! Segalanya jadi nyata.


YESUS, Tuhan, nyatakan diriNya sebagai Terang Dunia (Yoh 8:12). Karenanya kita melihat segalanya dalam Terang Kristus itu. KataNya lagi, "barangsiapa mengikuti Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan."


YESUS pun nyatakan para muridNya sebagai terang dunia (Mat 5:14). Hidup para murid adalah 'panggilan menjadi terang' itu. Dalam dunia yang didera berbagai suasana penuh kegelapan, panggilan menjadi terang sungguh merupakan harapan dan sukacita.


DUNIA sungguh jadi gelap saat 'mata tak sanggup melihat dengan jelas; dunia dalam alam kelam saat kemampuan mendengar semakin sirna; dunia jadi suram ketika suara hati jadi sumpek dan tak tajam merasa! Dalam dunia yang semakin tak menentu dan penuh kabut ketakpastiaan, iman kepada Kristus cahaya, menjadi tanda harapan!


MAKA, tempatkan cahaya iman itu di ketinggian. Biarlah dunia dibebaskan dari penyesatan, dari kebimbangan, dan dari segala kepalsuan.


YESUS sungguh adalah Cahaya Dunia yang menerangi semesta. Agar kita dapat melihat semuanya dengan jelas pula! Iya, agar kita dapat melihat dengan jelas. Bukan supaya kitalah yang dapat dilihat dunia.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin



Pater Kons Beo, SVD










Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survey pasar untuk mengetahui suplai dan permintaan akan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survey ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar



Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia  dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).


Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasi oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).
Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar