Header Ads Widget

Hebat Cara Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong Melawan Covid-19



UMPUNGJAYASIAR.COM

Kegiatan Vaksinasi Covid 19 di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Cara Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong Melawan Covid-19


Paroki Ekarisi Kudus Ka Redong bekerja sama dengan Puskesmas Lao menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi Covid-19, jenis vaksin AstraZaneca kepada 410 umat, Senin (18/10/2021), bertempat di Aula Paroki.

umpungjayasiar.com, Ruteng. Kegiatan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut atau realisasi dari surat permintaan untuk mengadakan suatu kegiatan pastoral diakonia karitatif melalui pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi umat yang telah berusia di atas 18 tahun, yang diajukan oleh Dewan Pastoral dan Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi, Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong tertanggal 4 Okober 2021 kepada Bupati Manggarai.  

Umat antusias ikut vaksinasi

Melalui pesan WhatsApp, Selasa (5/10/2021) Bupati Manggarai memberikan tanggapannya terhadap surat permohonan ini,meskipun pada kesempatan itu dia sedang bertugas di Jakarta dengan mengatakan akan memerintahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai untuk menindaklanjutinya.

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, sejak tahun 2019 telah membangun kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk melaksanakan layanan pastoral diakonia karitatif terhadap umat  paroki sebagai upaya konkrit menjalankan amanat Sinode III Keuskupan Ruteng tahun 2015. Atas dukungan Pemerintah Kabupaten ini, Dewan Pastoral Paroki telah memberikan layanan pengobatan Gratis dan Bantuan Beras kepada orang sakit dan orang tua lanjut usia (Lansia) di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong.

Pater Kris Sambu, SVD

Ketika ditanya oleh bagian Publikasi Karya Pastoral Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong tentang alasan menyelenggarakan Vaksinasi Covid-19 bagi umat dari 46 Kelompok Basis Gerejani (KBG), Pater Kris menjelaskan, ada pepatah Latin: "men sana in cor pore sana", bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Dalam pelayanan Pastoral Kasih, kita berusaha untuk menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia, jiwa dan raga, rohani dan jasmani. Tidak boleh dalam pikiran kita, pelayanan pastoral hanya di bidang rohani (urusan keselamatan jiwa), tanpa menyentuh aspek jasmani/tubuh. Oleh sebab itu, kesehatan tubuh akan menjadi ekspresi kesehatan jiwa. Dengan demikian pelayanan pastoral kasih kita bersifat holistik (menyeluruh).

Menurut Pater Kristianus Sambu SVD, Pastor Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, pelayanan kemanusiaan ini juga sejalan dengan misi SVD (Societas Verbi Divini - Serikat Sabda Allah) sejagat, yakni memberikan pelayanan bagi semua orang dalam segala situasi; terutama untuk membebaskan manusia dari persoalan-persoalan terkait kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Gereja memiliki umat/jemaat; Pemerintah memiliki rakyat. Dalam diri anggota masyarakat yang sama ini (umat dan rakyat) kita berikan pelayanan yang seimbang. Untuk itu kita patut berterimakasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Manggarai yang menanggapi permohonan Dewan Pastoral Paroki secara positif untuk memberikan pelayanan vaksinasi covid-19 di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong hari ini,Senin (18/10/2021).

Kegiatan Diakonia karitatif ini, kalau dihubungkan dengan tema Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2021, yaitu Yesus sahabat seperjalanan kita, maka kegiatan ini merupakan satu aksi nyata paroki yang terinspirasi dari tema BKSN itu, yang bertujuan untuk  menghilangkan rasa takut umat terhadap ancaman dari Covid-19, sebab di satu sisi, kita adalah orang-orang yang takut, kehilangan orang yang kita kasihi, seperti orang yang dirampok; menderita karena bencana covid-19 dan berbagai bentuk bencana lainnya.

Di sisi lain, sebagai orang beriman bertindak seperti Tuhan Yesus yang berjalan bersama sesama yang ketakutan, kehilangan harapan dan orang yang terkasuh untuk bertindak, seperti orang Samaria yang baik hati. Pelayanan Pastoral Kasih adalah sebuah panggilan kita orang Kristiani untuk menghadirkan Tuhan yang menjadi sahabat kita sekaligus melakukan karya amal kasih itu secara nyata melalui aksi-aksi yang sudah dan sedang serta akan kita jalankan.

“Kita juga ucapkan limpah terimakasih kepada Bupati Manggarai, Dinas Kesehatan, Puskesmas Lao, seluruh jajaran petugas medis dan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai yang telah dengan setia melayani masyarakat dan umat di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong. Pelayanan kita, tidak sebatas umat Paroki ini, tetapi lintas paroki dan lintas aliran kepercayaan; sebab kita melihat ada juga umat dan masyarakat dari wilayah paroki tetangga dan sekitar datang juga,”ungkap Pater Kris.

Himbauan terus dilakukan oleh Pastor Paroki, kata Pater Kris kepada seluruh umat dan masyarakat agar jangan takut untuk menerima vaksinasi covid-19, sebab hanya dengan cara ini kita tahap demi tahap menata kembali kehidupan kita yang normal sehari hari. Akan tetapi sekalipun sudah divaksin, kita tetap promosikan dan menghimbau umat/masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana ditetapkan : pakai masker, cuci tangan (handsanitazer), jaga jarak dan hindari kerumunan serta mobilitas massa. Yakinlah, jika kita setia dan patuhi semua himbauan ini maka kita akan segera menjalani kehidupan kita secara normal. 

Maria Eva Tapung, Ketua Tim Vaksinasi, Puskesmas Lao, mengatakan kami  sangat senang melayani 410 sasaran vaksinasi  di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong sebab antusias mereka terhadap kegiatan vaksinasi covid 19 hari ini luar biasa, untuk itu, pada kesempatan ini,melalui pesan WhatsApp, kami menyampaikan  trima kasih atas dukungan Pastor Paroki dan Dewan Pastoral terselenggaranya kegiatan vaksinasi. Jumlah tenaga medis yang melayani 410 sasaran sebanyak 20 orang.

Sedangkan Paulus Peos, Ketua Pelaksana Dewan Pastoral di tempat terpisah mengungkapkan sesuatu yang luar biasa hari ini dimana umat/ Warga paroki menyadari pentingnya vaksin agar terhindar dari deraan covid 19, Dewan Pastoral Paroki  peka dan tanggap akan kebutuhan umat untuk dapat terlayani vaksinasi.
"Peran DPP membangun kemitraan dengan pemerintah dalam rangka pelayanan terhadap rakyat/umat sebagai langkah pisitip yang harus diapresiasi. Untuk itu,  terimakasih disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Kesehatan yang telah memenuhi kebutuhan umat Paroki Ekaristi Mudus Ka Redong akan Vaksin,"kata Paul.

Penulis : Rikhardus Roden Urut



Dokumentasi kegiatan Vaksinasi Covid 19 di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong.
Ini bukti dari Gerakan Gereja Hadir di Keuskupan Ruteng










Posting Komentar

0 Komentar