Header Ads Widget

Pater Kons Beo, SVD: Yesus Kristus membenarkan kita untuk hidup kekal

 

UMPUNGJAYASIAR.COM


Pater Kons Beo, SVD, sekarang tinggal di Roma


Roma, Selasa, 19 Oktober 2021

(Pekan Biasa XXIX - St Antoine Daniel, St Charles Garnier)


Bacaan I Roma 5:12.15b.17-19.20b-21

Mazmur 40:7-10.17

Injil Lukas 12:35-38


"et gratia regnet per iustitiam in vitam aeternam, per Iesum Christum Dominum nostrum"

Rom 5:21

(...karena Tuhan kita Yesus Kristus membenarkan kita untuk hidup kekal).


'VIRUS ketidaktaatan' jadi pangkal kedosaan. Ia merayap masuk pada satu orang. Lalu perlahan-lahan menerobos masuk kepada semua orang. Dosa yang berujung maut menerpa siapapun.

PADA tatatanan dosa dan maut, kita semua tak luput dari terpaannya. Kita cuma sebatas yakini atau akui diri sendiri, "saya sedikit atau banyak berbuat berdosa." Tak lebih.

TETAPI, tak perlulah kita melirik pada yang lain bahwa 'ia sekian saleh atau pun sekian suramnya.' Kita coba bertarung di peziarahan hidup ini. Dalam iman, harapan dan kasih!

BAGAIMANAPUN, dalam Kristus Yesus, selalu ada kekuatan dan jaminan. Rasul Paulus yakinkan umat di Roma betapa jauh lebih besar lagi kasih karunia dan anugerah Allah yang dilimpahkanNya.... lantaran satu orang, yaitu Yesus Kristus (Rm 5:16).

TAK boleh terjerembab dalam rasa penuh kecewa dan putus asa. Karena toh, dalam Kristus itu, sungguh, selalu ada kekuatan yang menyelamatkan dan melegahkan. Yang tak sanggup dikalahkan oleh kedurjanaan kita.

MENGIMANI dan mengalami Yesus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup (cf Yoh 14:6)  itulah satu pengakuan agung dari iman Gereja, keberserahan kita semua. 

SEBALIKNYA, menjauhkan diri dariNya, adalah umpan serius pada maut dan kebinasaan! Bukan kah di luar Yesus kita tak dapat berbuat apa-apa? (cf Yoh 15:5).

Kita sepantas menata asa dan hasrat untuk kembali datang kepadaNya. Saat kita datang, IA pasti tak akan pernah menolak (cf 6:37).


Verbo Dei Amorem Spiranti


Tuhan memberkati.

Amin



Posting Komentar

0 Komentar