Header Ads Widget

KSP CU Florette akan didik anggota untuk melek keuangan dalam upaya meningkatkan pendapatan

Pertemuan Koordinasi, Badan Pengurus, Pengawas dan Koordinator-Koordinator TP KSP CU Florette, Selasa (28/12/2022) di Aula Puskopdit Manggarai


umpungjayasiar.com, RUTENG. Para Pengurus, Badan Pengawas dan Koordinator-koordinator Tempat Pelayanan Kas (TP) KSP CU Florette sepakat untuk mengangkat tema Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Tahun Buku 2021, yaitu KSP CU Florette Memampukan Anggota untuk Melek Keuangan dalam meningkatkan Pendapatan.


Hal ini disampaikan oleh Florianus Kampul, Ketua Pengurus KSP CU Florette di Aula Puskopdit Manggarai,Selasa (28/12/2021) kepada umpungjayasiar.com, setelah memimpin pertemuan koordinasi yang dihadiri oleh Badan Pengurus, Pengawas dan 21 orang Koordinator TP KSP CU Florette.


Tema ini, menurut Flory sangat penting untuk diangkat dan sekaligus menjadi bagian dalam program kerja pengurus KSP CU Florette pada tahun 2022, sebab sebagian besar koordinator TP mengemukakan kondisi yang sedang terjadi di TP-TP, dimana digambarkan masih banyak anggota mengalami penurunan pendapatan dan belum memiliki pengetahun tentang pengelolaan keuangan, sehingga hal ini berpengaruh kepada kemampuan mereka untuk menyimpan dan melunasi kewajiban setiap bulan. Penghasilan mereka dari pertanian cenderung menurun. Maka ke depan, lanjut Flory KSP CU Florette terus mendorong anggota-anggota di setiap TP untuk berbisnis dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman berbunga rendah.

Koordinator TP Ketang sedang memberi pandangan/Foto RR.

Di tempat yang sama, Rikhardus Roden, salah satu pengurus yang ikut terlibat pada program pemberdayaan sosial ekonomi anggota mengatakan, kepada peserta rapat, KSP CU Florette telah berhasil mendorong beberapa anggota di Lembor, Ketang-Lelak dan Mbolata Wae Lengga untuk berbinis sayur-sayuran, buah-bauah dan jahe, tujuannya adalah meningkatkan pendapatan anggota.” Ke depan, seharusnya koordinator-koordinator TP membicarakan tentang pemberdayaan ekonomi dengan anggota-anggota untuk mengatasi persoalan menurunnya pendapatan mereka. Di tingkat TP, anggota-anggota harus memperkuat semangat persekutuan untuk membangun ekonomi secara bersama-sama,” ungkap Rikhardus, sekretaris KSP CU Florette ini.


Pertemuan koodinasi kali ini yang dipimpin oleh Ketua Pengurus membahas beberapa agenda, antar lain tentang evaluasi kinerja Koodinator TP, Program Kerja Badan Pengurus dan Pengawas pada tahun 2022, Pembentukkan Panitia Pembangunan Kantor Pusat, dan Rencana Pelaksanaan RAT pusat serta menentukan Tema RAT di Tahun Buku 2021.


Srianus Syukur, Manager KSP CU Florette melaporkan tentang kemajuan KSP CU Florette terkait permodalan dan keanggotaan kepada peserta rapat. Menurut dia, meski kita semua sedang berhadapan dengan situasi pandemic covid 19 sejak tahun 2020 hingga 2021, Koperasi kita tetap mengalami peningkatan kinerja, indikasinya jelas, yaitu jumlah asset dan anggota meningkat secara signifikan. “Asset kita mengalami kenaikan, sudah mencapai 41,3 miliar rupiah hingga desember 2021 dan di tahun buku 2022, kita menargetkan nilai asset bertambah menjadi 45 miliar rupiah, kenaikan jumlah asset pada tahun buku 2021 tersebut, sangat dipengaruhi oleh 2 factor, yaitu bertambahnya jumlah anggota, dan minat anggota untuk menyimpan dalam bentuk simpanan saham dan non saham cukup tinggi.


Sedangkan jumlah anggota per desember 2021 telah mencapai 6’934 orang, walaupun penambahan anggota pada tahun buku 2021 hanya naik sebesar 77 persen dari target 676 orang anggota baru.

Di bawah ini disajikan data perkembangan Asset dari KSP CU Florette dan jenis simpanan anggota/non anggota per desember 2021.

Jenis Simpanan Non-Saham

Jumlah Simpanan Bunga Harian Anggota Rp 8.130.871.169, Simapan Sukarela Berjangka Rp 599.200.000
Simpanan Pendidikan Anggota Rp 960.168.459

Simpanan Bunga Harian Non Anggota Rp 4.461.460.088, Simpanan Pendidikan Non Anggota senilai Rp 1.418.237.396, Simpanan Masa Depan RP 765.647.626, Total Simpanan Non Saham mencapai RP 16.335.584.738

Jenis Simpanan Saham

Simpanan Pokok (SP) Rp 790.660.000, Simpanan Wajib (SW) Rp 5.554.702.774, Simpanan Swakarsa (SS) Rp 11.281.610.155
Total simpanan saham anggota sebesar, Rp 17.626.972.929

Florianus Kampul, ketika mempresentasikan program kerja pengurus pada tahun 2022, menegaskan beberapa hal baru yang perlu diberi perhatian lebih atau menjadi skala prioritas, yaitu mendekatkan pelayanan kepada anggota maka diperlukan pemekaran tempat pelayanan dari 16 TP menjadi 39 TP, Peningkatan Kapasitas Koordinator TP dengan berbagai pelatihan terkait, menggalakkan kegiatan-kegiatan promotif untuk menjaring anggota baru, pembangunan kantor pusat, penguatan kapasitas staf managemen, pelatihan bisnis dan melek keuangan kepada anggota serta mengupayakan peningkatan jumlah anggota bekerjasama dengan Pemerintah-Pemerintah Desa, Media Online, Radio dan Paroki-Paroki di Keuskupan Ruteng.

Pertemuan nampaknya dalam suasana penuh kekeluargaan/Foto 

Peserta rapat saat dimintai pendapatnya oleh Ketua Pengurus tentang Program Kerja, sebagian besar menyatakan menyetujui program kerja tahun 2022 yang disampaikan tersebut.


Diakhir pertemuan, Florianus menyampaikan terima kasih kepada peserta rapat atas partisipasinya pada pertemuan koodinasi ini dan juga dia mengapresiasi kerja dari koordinator TP bersama staf-staf managemen dalam melayani anggota di TP-TP selama tahun 2021 sehingga hasilnya memuaskan, jumlah anggota dan asset dari KSP CU Florette meningkat.


Bagian Publikasi ; Rikhardus Roden




Posting Komentar

0 Komentar