Header Ads Widget

Pater Kons Beo,SVD ; Terjadilah padaku menurut perkataanmu itu....

 *Senin, 20 Desember 2021*

*(Pekan IV Adventus - St Dominikus dr Silo, St Zepherinus-Paus ke 15)*



Bacaan I Yesaya 7:10-14

Mazmur 24:1-2.3-4ab.5-6

Injil Lukas 1:26-38


*"Terjadilah padaku menurut perkataanmu itu...."*

Luk 1:38

(Fiat mihi secundum Verbum tuum)


ADA banyak suara terdengar. Masuk dalam pikiran kita. Suara-suara itu bisa saja berlalu. Tetapi, ada suara yang terekam di ingatan kita. Menuntut tanggapan dan reaksi kita.


DUNIA kita memang 'penuh suara lantang berdentang.' Kita mesti menangkapnya dengan jeli. Bukankah sikap, tindakan, cara pandang, dan keputusan kita sering berangkat dari 'suara-suara yang terdengar?'


TAK ada yang lebih mulia selain kita sepantasnya menangkap 'suara, kata-kata' dalam bingkai iman-harapan dan kasih. Suara Tuhan mesti ditangkap dan disikapi  oleh kita sebagai penyelenggaraanNya.


SUNGGUH tak mudah untuk tiba pada *suara Tuhan yang patut didengar dan ditangkap.* Sebab acapkali kita bisa terbius  oleh suara-suara penuh bujukan membius. Kita juga bisa bertahan dalam suara keras membatu pada kehendak dan keinginan diri kita sendiri. 


IMAN terungkap pula dalam tanggapan kita pada suara Tuhan yang memanggil. Pun dalam kesungguhan mengenal kehendak Tuhan. Bahwa rencanaNya selalu lebih mulia dari pikiran dan kehendak kita sendiri.


KETAATAN Maria pada kata-kata Malaikat yang membawa pesan Tuhan adalah satu kepasrahan iman. Apa yang menjadi kehendak Tuhan terjadi dalam dirinya oleh satu keterbukaan hati. 


*Verbo Dei Amorem Spiranti*


Maranatha.

Tuhan memberkati.

Amin

Posting Komentar

0 Komentar