Header Ads Widget

Layanan Pastoral Diakonia bagi umat Paroki dengan memfasilitasi pemberian vaksinasi Covid 19



Pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Aula Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong


umpungjayasiar.com, RUTENG. Seksi Layanan Sosial Dewan Patoral Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Keuskupan Ruteng, memfasilitasi pemberian Vaksinasi Covid 19 kepada umat. Layanan pastoral ini sebagai bukti kesungguhan Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong menjalankan komitmen pastoral diakonia dari Keuskupan Ruteng.

Pelayanan Sosial dilakukan tentu untuk mewujudkan persekutuan umat Allah di Keuskupan Ruteng umumnya, dan di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong khususnya yang beriman solid, mandiri dan solder.

Pelayanan vaksinasi covid 19 kepada anak sekolah di Aula Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Sejak tahun 2019 yang ditetapkan oleh Keuskupan Ruteng sebagai Tahun Pelayanan, Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong secara konsisten memberikan pelayanan sosial karitatif dan transformatif (pemberdayaan) meski mengalami keterbatasan dana dan tenaga pastoral dari awam untuk menjalankan tugas pendampingan tehnis dan motivatif kepada kelompok sasaran.

Layanan Pastoral Diakonia karitatif yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 hingga Januari 2022, antara lain layanan pengobatan gratis bagi lansia, mengunjungi orang sakit, memberi bantuan sembako kepada umat yang telah lanjut usia, menyerahkan bantuan uang duka kepada keluarga yang salah satu anggotanya meninggal dunia, melayani penerimaan sakramen komuni pertama bagi satu orang anak disabilitas, dan memfasilitasi layanan vaksinasi covid 19.

Khusus untuk vaksinasi tercatat lebih dari 1000 orang umat yang terlayani dan hal ini merupakan buah dari relasi persekutuan atau kerjasama yang baik antara Paroki dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dalam hal ini pihak UPTD Puskesmas Lao. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Puskesmas Lao jelas sangat membantu paroki Ekaristi Kudus Ka Redong dalam mewujudkan karya diakonianya kepada umat, gereja hadir untuk melayani kebutuhan umat.

Maria Eva Tapung, Ketua Tim Vaksinasi, Puskesmas Lao kepada Bagian Publikasi Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Selasa, (25/1/2022) mengatakan kami mau bekerjasama dengan paroki karena, partisipasi dari Dewan Pastoral Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong sangat baik dan tidak kaku sehingga kami "enak" untuk menjalin kerjasama. Selain itu, Gereja juga merupakan stekholder yang strategis untuk meningkatan cakupan vaksinasi di Kabupaten Manggarai.

"Dengan menjalin kerjasama dengan pihak Gereja (paroki) selama ini, maka jumlah orang yang divaksinasi cepat meningkat, dan yang paling membuat kami semakin antusias untuk bekerja sama dengan Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong adalah umatnya peka dengan kegiatan vaksinasi covid 19 ini, sehingga nampak sekali pada jumlah cakupan penerima vaksinasi yang kami dapat selama ini. Tercatat total umat yang telah divaksinasi mencapai 1'550 orang hingga Januari 2021, dan tempat pelayanan vaksinasi dilaksanakan di Gendang Ka Sama, Ka, Tuke dan di Aula Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong,"jelas Eva.

Inti dari pelayanan vaksinasi kami melalui jalur paroki, ungkap Eva, adalah agar kita semua segera memiliki herdimunity sehingga kita semua masyarakat Kabupaten Manggarai khususnya warga di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong terhindar dari bahaya covid 19, sebab siapa lagi kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang untuk membebaskan kita semua dari ancaman covid 19.

Akhir kata, lanjut Eva, saya bersama Tim vaksinator UPTD Puskesmas Lao, mengucapkan limpah terima kasih kepada Pastor Paroki, bersama Ketua panitia dan jajaran Pelaksana kegiatan vaksinasi covid 19 di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, semoga kita semua dalam Lindungan Tuhan.

Sedangkan Pater Kristianus Sambu, SVD ketika dimintai komentar tentang Pelaksanaan vaksinasi covid 19 oleh UPTD Puskesmas Lao mengatakan sebagai umat Paroki Ekaristi KUDUS Ka Redong, kami merasa mendapat kehormatan dipercayakan oleh pemerintah secara khusus para petugas medis/covid-19 untuk menyelenggarakan penerimaan vaksin bagi anak-anak usia 12 tahun ke atas, para lansia, ibu hamil dan ibu menyusui. Ini merupakan bagian dari pelayanan kemanusiaan (diakonia) dari paroki ini. Barangkali dari penerima dosis selama ini bukan hanya umat Paroki EKUKARDO, tetapi juga dari paroki lain. Hal ini hendak mengatakan bahwa pelayanan kasih tidak terbatas untuk umat paroki EKUKARDO saja, tetapi kami tetap melayani siapa saja yang membutuhkannya.



Pater Kristianus Sambu,SVD, Pastor Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Sekali lagi saya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai yang selalu memberikan perhatian bagi kesehatan masyarakat dan umat Allah.



Bagian Publikasi Karya Pastoral

Rikhardus Roden Urut








Posting Komentar

0 Komentar