Header Ads Widget

KSP CU FLORETTE ; Pemberdayaan Ekonomi dan anggota harus melek keuangan

 

Gambar KSP CU FLORETTE
Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU Florette di Tempat Pelayan Ketang, bertempat di Aula Thomas Khrump, SVD, Sabtu (19/2/2021)/Foto RR

umpungjayasiar.com, RUTENG. Minggu lalu tepat hari Sabtu,(19/2/2022) bertempat di Aula Pater.Thomas Khrump,SVD Paroki Rejeng, KSP CU Florette menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tingkat Tempat Pelayanan Ketang, dihadiri oleh Badan Pegurus, Pengawas, Managemen, calon pengurus, calon pengawas, dan  142 anggota. Para peserta tampak antusias mengikuti  jalannya rapat dengan dua agenda, yaitu 1).mendengarkan dan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas untuk Tahun Buku 2021. 2).pemilihan badan pengurus dan pengawas baru periode, tahun 2022 sampai degan 2026.

Rapat dibuka secara resmi oleh FLorianus Kampul, Ketua Pengurus, namun sebelumnya dia menyampaikan kata sambutan yang isinya adalah mengucap terima kasih kepada seluruh anggota KSP CU Florette di Tempat Pelayanan Ketang atas dukungan mereka membesarkan KSP CU Florette dan secara khusus dia juga memberi apresiasi kepada Para anggota yang menghadiri RAT meskipun mereka datang dari tempat yang agak jauh.

Meningkatnya simpanan anggota, baik simpanan saham (Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, Simpanan Sukarela) maupun non saham (Sibuhar, Sindandik, Sisuka, simapan) dari tahun ke tahun tegas Flori, merupakan bukti partisipasi anggota sangat baik walaupun masih ada anggota yang lalai membayar kewajiban bulannya karena kehilangan pendapatan atau penghasilan menurun selama masa pandemi covid 19. Keberhasilan KSP CU Florette ke depan sangat bergantung pada Pendidikan Anggota, sehingga Pengurus baru yang terpilih nanti harus memberi perhatian serius pada Pendidikan anggota, tujuanya untuk meningkatkan pemahaman anggota tentang hidup berkoperasi dan mendorong anggota menjalankan bisnis.

Kemudian Rapat Anggota dilanjutkan, dipimpin oleh Alfred Rengka, selaku pemimpin Rapat dia memberi kesempatan kepada Florianus Kampul, ketua pengurus dan Kosmas Takung, ketua pengawas untuk menyampaikan laporan pertanggunjawaban Pengurus dan Pengawas berkaitan dengan keanggotaan, keuangan/permodalan, status hukum, hasil analisis PEARLS, realisasi dan rencana kerja, dll.

Menurut FLori dalam paparanya, jumlah anggota di TP Ketang terus bertambah dari tahun ke tahun, pada tahun buku 2021, Jumlah anggota meningkat menjadi 1’318 orang, kurang lebih 99 persen dari mereka bermatapencaharian sebagai petani. Akan tetapi penambahan anggota pada tahun 2021 masih sedikit, dari target penambahan anggota baru sebanyak 135 orang dalam rencana kerja yang tercapai hanya 41 orang. Data ini tentu memacu kita semua pada tahun 2022, baik pengurus pusat maupun Koordinator-koordinator Tempat Pelayanan (TP) untuk lebih giat lagi melakukan promosi.

Peningkatan anggota yang demikian, kata Flori merupakan indikasi bahwa masyarakat menaruh kepercayaan kepada KSP CU Florette untuk menyimpan uangnya. Dari segi permodalan, lanjut Flori jumlah simpanan saham anggota bertambah menjadi 2.3 miliar rupiah yang bersumber dari Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Simpanan Sukarela. Sedangkan uang yang beredar ditangan anggota melalui pelayanan pinjaman kesejahteraan, musiman dan produktif per desember 2021 mencapai 3.2 miliar rupiah dengan tingkat kelalain pengembalian pinjaman sangat rendah.

Dari fakta ini membuktikan bahwa KSP CU Florette telah berhasil membantu untuk memenuhi kebutuhan keuangan anggota, selain itu prinsip yang mendasar dari Koperasi yang sejatinya merupakan kumpulan orang bukan kumpulan uang; Aku susah Engkau bantu, Engkau susah Aku bantu telah menjadi aksi nyata  bahkan telah menjadi budaya menolong yang dipraktekkan oleh setiap anggota KSP CU Florette yang tersebar di 3 Kabupaten, yaitu Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

“Dukungan anggota lain yang berada di 16 TP terhadap kebutuhan keuangan dari anggota di TP Ketang melalui pelayanan pinjaman dirasa luar biasa, dari total saham milik anggota di TP Ketang dibandingkan dengan jumlah uang yang beredar ditangan anggota yang dilaporkan tadi maka sebesar kurang lebih 1 Miliar rupiah merupakan uang milik dari anggota lain sehingga kita semua yang ada di TP ketang harus menjaga kepercayaan ini,” tegas Florianus, salah satu anggota DPRD Kabupaten Manggarai dari partai PKB ini.

Sedangkan Kosmas Takung, selaku ketua  pengawas menyampaikan penilaian kinerja KSP CU Florette berdasarkan hasil analisis PEARLS, terkait aspek proteksi, struktur keuangan yang efektif, kualitas Asset, pertumbuhan dan likuiditas selama tahun buku 2021 dinilai BAIK dan SEHAT, meskipun nilai pertumbuhan anggota, simpanan non saham masih perlu ditingkatkan lagi sehingga ke depan upaya mendorong anggota menyimpan non saham sebanyak mungkin perlu dilakukan, menjadi prioritas kerja dari para pengurus terpilih dan menggerakan seluruh koordinator TP serta  anggota untuk mencari anggota baru.

Kemudian dari aspek hukum, jelas Kosmas, KSP CU Florette merupakan salah satu badan usaha di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dapat dipercaya karena telah memiliki Badan Hukum dengan nomor 000225/PAD/Dep.1/VII/2018 sebagai KSP CU Primer tingkat Provinsi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 02.925.651.8.924.0000, Surat Ijin Tempat Usaha : Nomor 503/DPMKUT/15/SITU/I/2021 dan Surat Tanda Daftar Perusahaan : Nomor 24.05.5.47.003.

Pada sesi pembahasan laporan, beberapa peserta umumnya menyatakan terima kasih kepada para pengurus, pengawas dan managemen yang telah menyampaikan laporan secara lengkap. Mereka hanya memberi saran agar KSP CU FLorette ke depan ikut membantu memasarkan produk pertanian anggota, seperti Jahe dan kopi. Saran ini lantas ditanggapi langsung oleh Alfred Rengka, salah satu Pengurus KSP CU Florette dan juga sedang menjabat Wakil Ketua I pada Asosiasi Petani Jahe dan Kopi Manggarai (APEKAM) dengan menjelaskan, ada sinyal bagus dari para calon pembeli Kopi dan Jahe, tetapi mereka minta data yang jelas tentang berapa banyak produk yang dihasilkan dalam satu desa dan kecamatan, supaya mereka bisa tahu kekuatannya. Karena mereka menargetkan omzetnya tinggi, dengan harga yang cukup membantu petani, maka sebaiknya para petani mendata lahan yang riil terkait lokasi penanaman dua produk tersebut dan APEKAM telah menyediakan Form pendataan.

Gambar Ketang Lelak
Antonius Silvester Jandur, anggota KSP CU Florette yang mengikuti RAT di TP KETANG

Selain itu, Antonius Silvester Jandur, salah satu peserta yang telah dua tahun menjadi anggota juga meminta KSP CU Florette untuk melatih anggota di TP Ketang tentang bisnis guna meningkatkan kesejahteraan mereka sebab KSP CU Florette hadir untuk mambangun ekonomi dari para anggotanya, hal ini sangat penting untuk  menyikapi kemajuan atau perkembangan di Sektor Jasa Pariwisata saat ini,  dimana Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai destinasi wisata premium, maka petani harus berbisnis di bidang hortikultura, jahe, kopi dan pertenakan untuk mengisi peluang ini.

Pemaparan komitmen dari Calon Pengurus dan Pengawas KSP CU Florette, masa tugas 2022-2026

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan di TP Ketang juga mengagendakan pemilihan Badan Pengurus dan Pengawas untuk masa tugas 2022-2026. Jumlah pemilih sebanyak 130 orang, sedangkan dari 9 calon pengurus dan 5 calon pengawas yag sempat hadir masing-masing, calon pengurus 4 orang, mereka adalah Florianus Kampul, Rikhardus Roden Urut, Adam Musi dan Angglus Bandung, sedangkan calon pengawas 3 orang, antara lain Yohanes Nerdi, Antonius Gandu dan Adrianus Adipatma. Calon-calon yang lain berhalangan hadir karena ada pekerjaan penting yang harus dikerjakan  di tempat kerja mereka masing-masing.

Florianus Kampul, calon pengurus


Adam Musi, calon pengurus

Angglus Bandung, calon pengurus

Yohanes Nerdi, calon pengawas

Adrianus Adipatma, calon pengawas

Antonius Gandu, calon pengawas

Sebelum pemilihan berlangsung, Mikael Dambu, Wakil Ketua Panitia pemilihan memberi kesempatan kepada para calon yang hadir untuk menyampaikan komitmen mereka kepada peserta Rapat jika terpilih menjadi Pengurus dan Pengawas. Untuk mengetahui komitmen dari para calon yang tidak sempat hadir hari ini, kata mikael, para pemilih bisa membaca komitmen-komitmen mereka di spanduk yang dipasang dibagian depan ruangan rapat ini.  

Berikut ini adalah pernyataan komitmen dari para calon pengurus dan Pengawas :

  1. Florianus Kampul : sebagai pengurus lama yang dicalonkan Kembali berupaya meningkatkan kinerja KSP CU Florette dari segi keanggotaan dan permodalan/asset.
  2. Rikhardus Roden Urut : KSP CU Florette menjadi Lembaga penggerak ekonomi anggota dan para anggota harus melek keuangan
  3. Yohanes Nerdi : KSP CU Florette sebagai koperasi inklusi yang melayani semua orang termasuk para penyandang disabilitas dan pendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda bidang hortikutura di setiap Tempat Pelayanan
  4. Anggalinus Bandung ; KSP CU Florette memajukan kesejahteraan anggota, dan menyediakan produk simpanan dan pinjaman sesuai dengan tujuan keuangan anggota.
  5. Adam Musi : KOPDIT Florette menjadi Lembaga keuangan non bank yang maju,mandiri, transparan dan berkelanjutan dengan semangat Gotong Royong. Maju dimaksudkan Peningkatan jumlah anggota dan asset minimal sebesar 35 %, KSP Florette menjadi tempat belajar. Mandiri artinya  KSP CU Florette harus memiliki modal sendiri 50 % dari Pihak lain 50 %. Transparan : KSP CU FLorette diaudit  pihak  internal dan eksternal, Berkelanjutan : KSP CU Florette akan terus jaya dan disenangi oleh semua anggota.
  6. Adrianus Aditpadma : Koperasi Kredit Florette menjadi jembatan emas menuju kesejahteraan
  7. Antonius Gandu : KSP CU Florette menjadi lembaga keuangan yang dipercaya masyarakat
Gambar Pertemuan Koperasi Kredit
Pemilihan badan pengurus dan pengawas berlangsung secara demokratis di TP Ketang, Kecamatan Lelak.

Sebelum pemilihan berlangsung, mikael, menyampaikan kepada para pemilih bahwa Tata cara pemilihan badan pengurus dan pengawas seperti ini, didahului pemaparan komitmen dimulai dari RAT di TP Narang minggu lalu, cara ini merupakan tradisi baru sehingga pengurus dan pengawas yang terpilih dikenal oleh anggota, baik dari segi profilnya maupun komitmen.

Setelah penyampaian komitmen dari para calon pengurus dan pengawas panitia pemilihan memfasilitasi kegiatan pemungutan suara, dalam suasana demokratis para anggota yang berjumlah 130 orang mengikuti acara pemilihan tersebut secara tertib. 


Bagian publikasi;

Rikhardus Roden Urut

Gambar Segelas Kopi Arabika
Segalas kopi arabika khas Manggarai-Flores

Sibuhar ; SIMPANAN BUNGA HARIAN
Sidandik ; SIMPANAN DANA PENDIDIKAN
Sisuka ; SIMPANAN SUKARELA BERJANGKA
Simapan ; SIMPANAN MASA DEPAN







Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mantap saudaraku... koreksi tulisannya tuh tahun harusnya 2022 bukan 2021. Maaf

    BalasHapus