Header Ads Widget

Romo Jhon Tanggul ; Jangan Takut Menghadapi cobaan Hidup dan Iman

 JANGAN TAKUT MENGHADAPI COBAAN HIDUP DAN IMAN

(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)


Kamis, 10 Februari 2022

Minggu Biasa V/C/II


Mrk. 7:24-30: Perempuan Siro-Fenisia yang percaya


Pesta Sta. Skolastika, Perawan


"Di situ ada seorang ibu, yang anak perempuannya kerasukan roh jahat. Begitu mendengar tentang Yesus, ibu itu datang dan tersungkur di depan kakiNya. 

Ibu itu seorang Yunani berkebangsaan SIRO-FENISIA.  Ia mohon kp Yesus supaya mengusir setan dari anaknya. Yesus lalu berkata kepadanya, ' Biarlah anak-anak kenyang dahulu!

 Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada ANJING'. Tetapi ibu itu menjawab:" Benar Tuhan! Tetapi ANJING DI BAWAH MEJAPUN makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak. Lalu Yesus berkata kepada ibu itu,  "KARENA KATA-KATAMU ITU,  pulanglah sebab setan itu sdh keluar dari anakmu" (Mrk. 7:25-29).


Seorang perempuan dari Siro-Fenisia (sy, anda) datang dan memohon kepada Yesus agar menyembuhkan anaknya yang kerasukan roh jahat. 

Ia tentu datang dengan keyakinan kuat bahwa Yesus pasti bisa menyembuhkannya.  

Tetapi Yesus MENGUJI IMAN atau KEYAKINANANNYA dengan "menghinanya" atau menantangnya dengan kata-kata yang sangat tajam, kasar: menyamakan dia dengan "anjing". "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing" (Mrk. 7:27). 

Berkat kerendahan hati dan iman atau kepercayaan/keyakinannya yang kuat dan mendalam ia mendapat RAHMAT DAN BERKAT YANG BESAR DARI TUHAN. Berkat kebergantungan yang kuat kepada Tuhan,  ia mendapat Rahmat dan Berkat dari Tuhan. 


Iman dan hidup kita sering diuji dengan "HINAAN", tantangan, pencobaan dan kesulitan. Tetapi,  KEJUTAN SUKACITA DAN KEGEMBIRAAN MENANTI ORANG YANG TAHAN DAN LULUS UJIAN IMAN dan ujian hidup. Karena itu,  JANGANLAH TAKUT DAN GENTAR MANAKALA MENGHADAPI UJIAN HIDUP DAN UJIAN IMAN!


Semoga dengan bantuan doa Sta. Skolastika, Allah Tritunggal Mahakudus (+) MEMBERKATI kita sekalian yang tahan dan lulus ujian iman dan cobaan hidup ini. Amin.




Posting Komentar

0 Komentar