Header Ads Widget

Melek Keuangan jadi tema yang diangkat pada Rapat Anggota Tahunan KSP CU Florette tahun 2022

Melek Keuangan jadi tema yang diangkat pada Rapat Anggota Tahunan KSP CU Florette tahun 2022

 

Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU FLORETTE, di Tempat Pelayanan Pusat, Sabtu (12/3/2022), bertempat di Aula Asumpta

umpungjayasiar.com, RUTENG.Koperasi Simpan Pinjam CU Florette,Sabtu (12/3/2021) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan di Tempat Pelayanan Pusat (TP), bertempat di Aula Asumpta Ruteng. Rapat ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Manggarai, Pengurus Puskopdit Manggarai, para Pengurus dan Pengawas KSP CU Florette, Staf Managemen, Koordinator-koordinator Tempat Pelayanan dan 259 orang anggota yang selama ini dilayani di TP Pusat mencakup wilayah pelayanan di Kecamatan Langke Rembong. Jumlah anggota di TP pusat hingga Desember 2021 bertambah menjadi 1.462 orang dengan total simpanan saham berjumlah 5,67 Miliar rupiah dan jumlah piutang yang dimanfaatkan untuk menggerakkan bisnis dan memenuhi kebutuhan uang anggota, sebesar 10,48 Miliar rupiah.

Kegiatan RAT ini diisi dengan beberapa rangkaian acara, yaitu pembukaan, Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas serta pemilihan badan pengurus dan pengawas, periode 2022-2026.

Tarsi Hurmali, Ketua Panitia RAT, dihadapan peserta rapat mengatakan Tema tentang melek keuangan yang diangkat pada RAT tahun ini, supaya anggota tidak hanya melek tehnologi tetapi juga melek keuangan, sebab hal ini sangat penting sekarang ini.

Kepada peserta Rapat, Dia melaporkan bahwa kegiatan RAT KSP CU Florette di 12 Tempat Pelayanan dilaksanakan selama bulan Februari 2022, dari tanggal 5 sampai dengan 27 Februari, dihadiri oleh 1‘833 anggota. Sedangkan peserta RAT di TP pusat yang hadir hari ini,sebanyak 259 orang, sehingga total peserta RAT di 13 TP adalah 2‘092 orang atau 30 persen dari 6‘948  total anggota pada tahun buku 2021. “ Jumlah Peserta Rapat Anggota tahun ini dibatasi mengacu kepada protocol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi covid 19, namun secara umum disampaikan kepada kita semua bahwa anggota sangat antusias menghadiri RAT dan mereka aktif memberikan usul saran demi kemajuan KSP Florette di masa mendatang, pelaksanaan RAT di TP-TP berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini berkat kerjasama dan kerja keras dari para Pengurus, Pengawas, Managemen dan koordinator TP,“ ungkap Tarsi.

Pendapat yang sama dikemukakan oleh Florianus Kampul, Ketua KSP CU Florette dalam kata sambutanya. Menurut dia, Partisipasi anggota mengikuti RAT sangat baik di setiap TP, mereka aktif memberikan pertanyaan dan masukan dalam bentuk usul saran untuk meningkatkan kinerja KSP CU Florette.

Dari segi jumlah anggota dan aset KSP CU Florette, kata Flori terus mengalami peningkatan dan pencapaian yang sungguh berarti pada tahun buku 2021 adalah KSP CU FLorette berhasil mendorong anggota untuk berbisnis atau menjalankan usaha mikro kecil dan menengah. Hal ini merupakan salah satu upaya KSP CU FLorette untuk mengurangi angka pengangguran di Manggarai Raya dan juga mendukung tekad Pemerintah Daerah meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pada tahun 2022, lanjut Flori pemberdayaan ekonomi anggota terus dilakukan dengan pelatihan-pelatihan motivasi dan tehnis serta pendampingan, agar anggota semakin sejahtera, mandiri dan berdaya saing, karena itulah visi dari KSP CU Florette.

Yosep Sudarso, Pengurus Puskopdit Manggarai pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya kepada Para Pengurus, Pengawas, Managemen dan Koordinator TP yang telah berhasil mendorong masyarakat di Manggarai Raya untuk menjadi anggota dan menyimpan uang mereka di KSP CU Florette. Untuk diketahui oleh kita semua yang hadir RAT hari ini, kata Yosep, jumlah Koperasi Simpan Pinjam yang bergabung di Puskopdit Manggarai hingga saat ini sebanyak 28 lembaga koperasi primer, total anggota sebanyak 88’124 orang di Manggarai Raya dengan total asset mencapai 440,6 Miliar.

Koperasi Simpan Pinjam KSP CU Florette, lanjut Yosep sebagai salah satu anggota Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI) di Puskopdit Manggarai ikut menyumbang anggota sebanyak 6’948 dan asset 41,06 Miliar atau 9,32 %, sehingga tahun ini dari kinerja yang baik ini, KSP CU Florette mendapat peringkat ke-3 dari 28 Primer oleh Keputusan Pengurus Puskopdit Manggarai, berdasarkan penilaian jumah Modal dan Anggota.

“Semoga oleh pengelolaan dari para pengurus dan pengawas yang terpilih hari ini, KSP CU Florette ke depan terus bersinar dan berhasil mewujudkan mimpi kesejahteraan dari para anggota melalui pelatihan melek keuangan dan bisnis,”harap Yosep.

Sedangkan Frederikus Inasio Jenarut, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kabupaten Manggarai meminta KSP CU Florette untuk mendukung komitmen Bupati Manggarai meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui upaya menumbuhkan pelaku-pelaku usaha kecil mikro dan menengah di setiap tempat pelayanan. Selain itu, KSP CU Florette terus melakukan pemberdayaan ekonomi agar masyarakat manggarai menjadi mandiri dan berdaya saing.

Di sela sela acara minum kopi, Rikhardus Roden, salah satu Pengurus KSP CU Florette mengajak PLT Kepala Dinas Koperasi untuk melihat hasi-hasil kegiatan pemberdayaan ekonomi yang disajikan dalam bentuk foto-foto tentang aktivitas agribisnis, perbengkelan mebel, usaha penggilingan padi dan jagung, usaha tempa parang dan perbaikan parang serta pengembangan Jahe.

Pengurus dan Pengawas baru yang terpilih tahun ini untuk masa kerja 2022-2026, antara lain pengurus : Ketua,Florinus Kampul, Waki Ketua, Siprianus Ngganggu, Sekretaris, Rikhardus Roden Urut, Bendahara, Hendrikus Konigun, dan Anggota, Sebastianus Menggo, sedangkan pengawas dipercayakan kepada Antonius Gandu, sebagai Ketua, Maria M.M.M Ling, Sekretaris dan anggota, Yohanes Nerdi.


Bagian Publikasi

Rikhardus Roden Urut



Segelas kopi arabika khas Manggarai FLORES








Posting Komentar

0 Komentar