Header Ads Widget

Romo Jhon Tanggul ; RETRET AGUNG untuk membina tobat dengan berpuasa, pantang dan meningkatkan perbuatan amal KASIH


Gambar Berbagi Kasih
Panti asuhan Wae Peca, berbagi Kasih

RETRET AGUNG: MEMBINA TOBAT DENGAN BERPUASA DAN PANTANG; MENINGKATKAN PERBUATAN AMAL KASIH DALAM BENTUK DERMA, APP; MENINGKATKAN SEMANGAT DOA

(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Rabu,  2  Maret 2022, HARI RABU ABU 

Mat. 6:1-6.16-18: Hal memberi sedekah; Hal berpuasa. 


Hari ini Gereja Katolik di seluruh dunia membuka Masa Prapaskah, Paskah, dan Masa Paskah  2022 dengan merayakan  Hari Rabu Abu, dimana setiap orang beriman Kristiani (Katolik) ditandai dengan penerimaan Abu. 

Masa Prapaskah Gereja Katolik merupakan masa RETRET AGUNG, yang dijalankan selama 40 hari, dibuka dengan Perayaan Hari Rabu Abu yang ditandai dengan penerimaan abu sebagai tanda bahwa kita adalah orang berdosa, tanda pertobatan dan penyesalan atas dosa serta kesalahan kita. 


Gambar tentang Kasih
Menjadi jembatan kasih dari orang baik di Jakarta, dia tidak mau namanya disebut. Panti Asuhan Pelayanan Kasih di Kelurahan Pau Ruteng

Apa yang kita buat dalam masa Retret Agung itu.  Dua hal yang menjadi ciri khas Masa Prapaskah, adalah pertama, MENGENANGKAN PEMBAPTISAN KITA masing-masing atau kalau ada permandian pada hari Sabtu Suci mempersiapkan pembaptisan mereka; kedua, MEMBINA SIKAP TOBAT. 

Pada Masa Prapaskah ini,  sebagaimana lazimnya kalau melaksanakan RETRET,  kita berjuang semaksimal mungkin untuk lebih FOKUS kepada Tuhan dan orang lain/sesama daripada fokus untuk memikirkan diri sendiri. 

Kita berjuang untuk DEKAT dan MENDEKATKAN DIRI kepada Tuhan dan orang lain/sesama, terutama yang LEBIH  menderita, berkekurangan dan berada dalam persoalan hidup.

Dengan memfokuskan diri kepada Tuhan dan orang lain/sesama,  kita dilatih dan diajak untuk memperdalam kehidupan Iman kita, dengan LEBIH  rajin berdoa/misa/ibadat - entah Misa Tatap muka ataupun melalui Live Streaming/komuni batin (selama 6 HARI Minggu berturut-turut kita WAJIB ikut Misa/Ibadat, atau kalau berkesempatan -  fakultatif rajin/aktif ikut perayaan misa Harian ); berkesempatan untuk pengakuan dosa ( wujud Tobat) atau ikut kegiatan katekese, rekoleksi,  ibadat jalan salib atau retret. 


Gambar Panti Asuhan Wae Peca
Lejong Kasih bersama Pater Yakobus Modo, SVD di Panti Asuhan Wae Peca

Kita dilatih dan diajak untuk ikut berpuasa dan pantang, meningkatkan perbuatan amal kasih untuk orang lain, yang kita wujudnyatakan dalam bentuk pengumpulan APP  (Aksi Puasa Pembangunan) per orang  - ada unsur wajibnya - untuk membantu orang yang LEBIH berkekurangan dari kita, terutama pada masa pandemi Covid 19 ini.

Kesadaran memberi APP kita harus lebih meningkat) dan bakti Tobat - bukan bakti sosial - sebagai bukti yang kelihatan bahwa kita bertobat, bukan hanya bertobat di tempat pengakuan saja.  

Apa yang disampaikan berkaitan degan RETRET AGUNG ini, sama sekali tidak bermaksud untuk lepas total aktivitas harian kita, tetapi di tengah kesibukan harian itu kita BERUSAHA untuk  menjadi LEBIH FOKUS kepada Tuhan dan orang lain/sesama. 


Selamat Memasuki Masa Prapaskah 2022. Selamat melaksanakan RETRET AGUNG 2022. Selamat membina Sikap Tobat. Selamat berpuasa dan berpantang. Selamat beramal kasih! Selamat berderma. Selamat ber-APP. 

Semoga Allah Tritunggal Mahakudus  (+) memberkati kita sekalian yang tekun melaksanakan Retret Agung selama masa Prapaskah 2022 ini. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar