Header Ads Widget

Renungan harian KATOLIK; Kasih adalah gairah hidup setiap kita yang dinyatakan dalam perbuatan dan tindakan

Jumat, 19 Agustus 2022
(Pekan Biasa XX, St Yohanes Eudes)
Bacaan I Yehezkiel 37:1-14
Mazmur Tanggapan Mzm 107:2-3.4-5.6-7.8-9
Injil Matius 22:34-40

FOTO PANTAI MBOLATA KOTA KOMBA

"Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Mat 22:36
(Magister, quod est mandatum magnum in lege?)

SEKEDAR untuk cari tahu? Sering hasrat itu sekian melekat. Ada keinginan kuat untuk cari info atau cari berita. Katanya, orang suka sekali dengan apa yang disebut 'sudah dapat bocoran.'

TERKADANG kita merasa puas dan senang andaikan tentang sesuatu atau mengenai seseorang, kita sudah 'punya pengetahuan tertentu.' Tentu dalam kualitas tertentu pula. Dan itu bergantung pula dari seperti apa 'rasa hati kita terhadap orang tertentu itu.'
KITA pasti berbangga jika kisah-kisah indah jadi berita mengenai pribadi yang kita kagumi. Tetapi, kita juga merasa 'puas dan lega' andaikan nasib malang tertimpah pada orang yang tak ada tempat baginya di hati kita.

RELASI sekadarnya dan tanpa jiwa dialami para elitis Yerusalem terhadap Yesus. Kebenaran, sukacita, keadilan, pengampunan dan seterusnya, yang jadi inti ajaran Yesus sungguh tak tiba pada ruang hati mereka.
APAKAH ajaran tentang hukum terbesar dan terutama dalam Taurat sungguh tak mereka ketahui? Sementara mereka adalah kelompok orang dari 'kalangan Kitab.' Maka, sebuah pertanyaan penuh uji terlontar pada Yesus. Apakah untuk menjebakNya? Sekedar mengukur kedalaman pengetahuanNya? Sekedar mencari tahu wawasanNya? Tetapi pada dasarnya, semuanya tak lahir dari suasana jiwa penuh ketulusan.
BAGI kita, KASIH tak sekedar 'coba-coba.' Atau bahkan sekedar hukum sekalipun. Tetapi Kasih ada spirit dasar kekristenan. Kasih adalah citra dari keseluruhan pribadi dan cara hidup dalam semangat Yesus sendiri.

SEBAB itu, Kasih bukanlah kerangka pengetahuan yang kosong. Tetapi, Kasih adalah gairah hidup setiap kita yang dinyatakan dalam perbuatan dan tindakan. Dan semuanya itu dimeterai dalam kesetiaan dan pengorbanan.

Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati.Amin

Posting Komentar

0 Komentar