Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; TAK Ada Jalan Buntu Dalam Diri Siapapun Yang Miliki Harapan Dalam Tuhan

Jumat, 30 Juni 2023
(St Theobaldus dr Provins) Bacaan I Kejadian 17:1.9-10.15-22
Mazmur Tanggapan Mzm 128:1-2.3.4-5
Injil Matius 8:1-4





"Tuan, jika Tuan mau..." Mat 8:2  
(Domine, si vis...)



Baca juga yang ini , Menarik: Renungan Harian Katolik; Gereja Kokoh Oleh Ujian Ziarah Hidup Yang Penuh Badai Dan Gelombang.



KITA bisa punya harapan dan cita untuk 'kembali jadi baru.' Untuk bebas dari segala 'silam yang suram.' Untuk legakan diri dari segala yang menyesakkan dada. Pun dari segala lalu lintas isi pikiran yang sumpek dan mempet.



TETAPI, tidak kah sering kali harapan mulia itu tetaplah sebatas harapan? Kita tetaplah dalam ketidakberdayaan. Ketidaksanggupan menebal dalam diri. Bagaimana pun, telah tertutup mati kah satu jalan keluar? Ataukah sebaliknya bahwa masih ada harapan demi sebuah pembebasan, penyembuhan atau pentahiran jasmani dan rohani?



Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; Doa Adalah Tanda Kita Sadar Bahwa Tuhan Sungguh Rindukan Kehadiran Kita.


SI KUSTA itu memang ada di titik kritis situasi hidupnya. Penyakit kusta telah 'penjarakan' hidup dan kemerdekaan gerak dirinya. Namun, situasi berat ini tak menghambat jalur aura harapan baginya.




YESUS, TUHAN, diserukan untuk membebaskan dirinya. Nampaknya Tuhan dilibatkan dalam 'harapan hatinya.' "Jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku" Itulah kepasrahan hati yang dibungkus dalam harapan sepenuh hati.



ADAKAH TUHAN tak peduli akan nasib manusia yang tak menentu? Mungkinkah Tuhan membendung suara harapan kita untuk minta tolong? Apakah Tuhan sungguh berlalu tak peduli akan kenyataan yang tengah kita hadapi?




TAK ada jalan buntu dalam diri siapapun yang miliki harapan dalam Tuhan. Tinggal saja bagaimana meretas ruang, tempat dan kesempatan untuk bersua Tuhan dan tak putus asa berseru: "Tuhan, jika Tuhan berkehendak...." Dan Tuhan tahu apa yang kita kehendaki, serentak pula memastikan apa yang IA sendiri kehendaki di dalam diri kita.




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin

Pater Kons Beo, SVD, Roma, Italia:
 KITA bisa punya harapan dan cita untuk 'kembali jadi baru.'




Posting Komentar

0 Komentar