Header Ads Widget

Menangkap Sosok Almarhum Pater Paul Barekama SVD; Keteladanan Hidupnya Sungguh Luar Biasa

Keteladanan Hidupnya Sungguh Luar Biasa
(menangkap sosok almarhum Pater Paul Barekama, SVD)


Almarhum P. Paul Barekama, SVD
Seorang pendoa dan sungguh dicintai umat



Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; MANUSIA Yang Hidup Adalah Manusia Yang Berpeluang Dan Berpotensi



umpungjayasiar.com, Ruteng. Kabar duka itu terdengar dan terbaca di beberapa WA Group. Isinya singkat, jelas. Telah meninggal dunia P. Paul Barekama Tukan, SVD, di Komunitas SVD Ruteng, setelah menderita peradangan pada saluran pernafasan yang akut untuk sekian lama. Pater Paul Barekama, SVD wafat pada Selasa, 1 Agustus 2023, pukul 12.23 Witeng.



Sekian banyak rasa sedih dan simpati duka dari para saudara SVD dan orang-orang yang mengenalnya. Ungkapan hati yang tulus dan apa adanya tentang pastor kelahiran Ritaebang, Pulau Solor, Keuskupan Larantuka, 26 Juni 1954 ini.



Pater Paul T Jogo, SVD, Provinsial SVD Ruteng, lukiskan almarhum sebagai "seorang pendoa dan sungguh dicintai umat." Di beberapa kesempatan membantunya di Paroki Bima - NTB, saya saksikan dan mengalami sosok seorang konfrater senior SVD yang mencintai doa rosario dan miliki saat hening pribadi.



"Pastor paroki kami itu seorang yang tenang dan penuh senyum. Dia tak terlalu menuntut banyak. Ia tampil sederhana," kata ibu Mery Anwar Tellu, saat dihubungi ke Bima-NTB.


Ibu Mery tambahkan, "Pastor Paul selalu punya hati untuk layani umat di wilayah 'pesisir dan jauh' dari pusat kota Bima. Dia pastor yang luar biasa."


Sosok Pater Paul, almarhum, dikenal sebagai "pribadi yang lurus dan jujur, setia dan - penuh tanggungjawab," demikian kesaksian dari Pater Vitalis Hiburdin, SVD - Sekretaris Misi Provinsi SVD Ruteng. Tetapi terutama, kata Pater Vitalis, "Beliau seorang pembawa damai dan tak kenal putus asa."



Adakah yang sikap dan kata-kata kasar, penuh amarah, sekian berburuk sangka tentang orang-orang lain? Rasanya sulit untuk mengatakan "iya" dari sosok almarhum Pater Paul.


Baca juga yang ini, menarik; Pojok Kitab Suci ; Harta Terpendam Dan Mutiara Kehidupan Yang Kuimpikan


Walau miliki kesulitan untuk mendengarkan suara sesama dengan telinga fisik, namun almarhum punya kelebihan untuk mendengar sesama dengan 'telinga batin dan hati nuraninya yang unggul.



Sebab itulah, almarhum dicintai umat Allah. Ia telah mengajar dengan keteladannya "apa artinya menjadi pembawa damai. Selalu senyum dan penuh harapan."



Menurut catatan dari Sekretariat Provinsi SVD Ruteng, kisah ringkas hidup dan pengabdian almarhum, sebagai berikut:

  • Lahir : Pulau Solor, Paroki Ritaebang, Flotim, 26 Juni 1954
  • Tahun Orientasi Pastoral: Paroki St Fransiskus Xaverius, Boawae, Nagekeo - 1982
  • Pasoral Diakonat: Paroki Cancar dan Todo, Keuskupan Ruteng - 1984
  • Tahbisan imam: Larantuka, 6 Juni 1984.
  • Pastor Kapelan: Paroki Ka Redong, Keuskupan Ruteng- 1986.
  • Pastor Paroki Iteng, Keuskupan Ruteng, 1987 - 1997.
  • Pastor Paroki St Yusuf - Bima, Keuskupan Denpasar, 1997 - 2004
  • Pastor Paroki Lengko Ajang, Keuskupan Ruteng, 2005 - 2014.
  • Almarhum hingga akhir hidupnya telah menjadi penghuni Rumah Distrik SVD Manggarai Utara - Timur di Sengari, Reo.


Bila terasa sulit di masa kini jumpai orang saleh di atas bumi ini, maka "almarhum, sebaliknya, telah memberikan harapan akan kesalehan itu melalui kesaksian hidupnya. Dialah salah seorang di antaranya," demikian kesaksian lanjut dari Pater Vitalis Hiburdin, SVD.


Baca juga yang ini, Penting; Renungan Harian KATOLIK;  Tuhanlah Benteng Hidup Kita..


Kamis, 03 Agustus 2023, dirayakan misa requiem. Dan selanjutnya almarhum dimakamkan di pemakaman SVD - Ruteng di Novisiat Sang Sabda - Kuwu.


"Selamat Jalan almarhum Pater Paul Barekama, SVD menuju Kasih Ilahi surgawi Abadi."

Amin.


P. Kons Beo, SVD

(Kontributor)

Posting Komentar

0 Komentar