Header Ads Widget

Pojok Kitab Suci ; Harta Terpendam Dan Mutiara Kehidupan Yang Kuimpikan

Harta terpendam dan mutiara kehidupan yang kuimpikan 
(sekadar satu catatan Minggu, 30 Juli 2023 - Pekan Biasa XVII)





Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; SEJATINYA, Tetap Ada Jalan Untuk Berbaikan.



GERAK batin kita itu selalu impikan sesuatu. Mencari untuk mendapatkannya. Hal yang diimpikan itu miliki nilai indah tertentu...



YANG diinginkan Raja Salomo dari Yahwe: bukan umur panjang, bukan harta kekayaan dan bukan pula nyawa musuh. Tapi bagi Salomo harta terpendam dan mutiara berharga adalah Hati yang paham untuk menimbang perkara demi menghakimi umat dengan tepat, dan sanggup membedakan antara yang baik dan tidak baik!




YANG dicari sebagai harta terpendam dan mutiara berharga dalam hidup umat atau komunitas Roma, seturut seruan Rasul St Paulus, miliki dua kriteria dasar, yakni Selaras dengan panggilan dan rencana atau kehendak Tuhan




JIKA telah ditemukan harta terpendan dan mutiara yang indah, maka: KITA miliki kerelaan hati untuk 'lepaskan yang lama' demi yang 'terindah dan berharga.' Di titik inilah kemampuan batin untuk mengambil keputusan dan bersikap diuji!'



TETAPI di balik semuanya terdapat sukacita berlimpah. Bukan kesedihan apalagi penyesalan yang berlarut-larut!


Baca juga yang ini, Penting; Renungan Harian KATOLIK;  Tuhanlah Benteng Hidup Kita..


APAKAH yang sering kita alami dalam hidup demi meraih harta terpendam dan mutiara berharga?


PERTAMA, Apa yang kita yakini sebagai harta terpendam dan mutiara berharga bisa terjadi di mata sesama dan Tuhan adalah bahaya yang terpendam.


Kita mencari damai dan kerukunan sebagai harta terpendam dan mutiara hidup dalam hidup. Sayangnya, yang kita rawat sejadi-jadinya adalah dendam dan kebencian!




KEDUA, bisa terjadi apa yang kita nilai sebagai 'hal pinggiran, mala petaka, bala bencana, kisah suram dan kelam, sebagai kerugian dan dikeluhkan sebagai 'sial apa', justru dalam waktu-waktu berikutnya tersadari sebagai 'harta terpendam dan mutiara berharga.' Namun hal ini, patutlah ditangkap dan dimaknai dalam iman!




KETIGA, Sering kita melihat atau menilai bahwa ladang harta terpendam atau mutiara berharga itu ada dalam diri sesama.


Hari baik dan indah serta 'garis tangan mujur' ada dalam diri sesama. Artinya?  'YANG baik-baik dan indah serta mengesankan hanyalah hak sesama.




Kita jadinya yakin bahwa kawasan, lahan atau teritori 'harta terpendam dan mutiara indah' itu ada hanya dalam diri orang lain dan bukannya dalam diri kita sendiri...




KARENA itulah galilah dan temukan harta terpendam dalam diri, temukan mutiara di dalam diri sendiri! Semuanya kita mesti rendah hati, berusaha, dan terutama berkorban!




Verbo Dei Amorem Spiranti
Selamat hari Minggu
Tuhan memberkati.
Amin





Pater Kons Beo, SVD
Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota. KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar