Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; TERPUJILAH Siapapun Yang Mampu Menangkap Pesan-Pesan Kehidupan.

Senin,16 Oktober 2023
(Pekan Biasa XXVIII, St Gerardus dr Mayella, St Hedwiq, St Margaretha Maria Alacoque)

Bacaan I Roma 1:1-7

Mazmur Tanggapan Mzm 98:1,2-3av.3cd-4

Injil Lukas 11:29 -32





"...tapi mereka tidak akan diberi tanda selain tanda Nabi Yunus"   Lukas 11:29
(Et signum non dabitur ei, nisi signum Ionae Prophetae)




TAK SEKEDAR MENDATAR


Baca juga yang ini; Renungan Khusus Di Hari Minggu; Pesta Raya dan Pakaian Pesta itu

TERPUJILAH siapapun yang mampu menangkap pesan-pesan kehidupan. Di keseharian, bagi orang-orang seperti ini, alur waktu yang tertenun dalam peristiwa tak berlalu begitu saja. Selalu ada pesan yang dapat disimak. Selalu terdapat gema kehidupan yang dapat dipetik.




BAGI orang-orang seperti ini, pancaindra tak hanya sebatas demi mengumpulkan informasi. Tetapi, semuanya dapat dibawa ke tatanan nilai. Iya, dibawa ke alur pemaknaan.



TANDA-TANDA tak bisa didekati mendatar, lurus dan sekian terbatas. Tetapi ia harus dimaknai dalam alur meditatif. Apa yang tersembunyi dibalik kisah-kisah itu? Oleh karena itu, permenungan akan mengarah pada pesan-pesan kehidupan!




MUNGKIN kita terlalu mengenang kisah dan tanda-tanda yang luar biasa. Padahal dalam hal-hal yang kecil dan sederhana selalu ada 'makna terpendam yang harus dicari dalam keteduhan batin, ketenangan pancaindra dan kesegaran aura jiwa.




PERISTIWA hidup setiap kita terlalu kaya dan bermakna. Bukan kah terkadang ada yang terasa sulit untuk kita tangkap dalam akal budi? Lihat! Apa yang dianggap dan dinilai sebagai 'keagungan, kebanggaan dan kemuliaan' ternyata bisa saja jadi titik awal sebuah petaka.




SEBALIKNYA, apa yang ternilai hampa makna, hitam dan suram, gelap dan tanpa harapan, bisa menjadi awal yang indah dalam rencana dan penyelenggaraan Tuhan sendiri. Mungkinkah bahwa yang selalu yakini diri sendiri sebagai 'baik, benar, saleh, serta suci lahir dan di dalam batin sebenarnya bagian dari "angkatan yang jahat?"




KITA bisa saja impikan atau proklamasikan adanya tanda-tanda serba meriah dalam aneka keberhasilan ini dan serba sukses, dalam popularitas atau keharuman nama, serta penuh sanjungan sana-sini. Namun, sebenarnya semuanya bisa menjadi kisah-kisah penuh tanya.



TETAPI, 'tanda Nabi Yunus' mengingatkan bahwa dalam kisah-kisah suram karena pikiran dan rencana sendiri, demi kesenangan sendiri, dan karena ketidaksetiaan pada Tuhan, toh pada akhirnya bisa ditemukan nilai demi meretas kembali jalan pada kehendak Tuhan.



YUNUS, yang berawal suram di seluruh penjuru, pada titiknya ada kembali di dalam terang kehendak Tuhan sendiri.

Maka, biarlah kita menjadi 'manusia apa adanya.' Yang berjuang menangkap pesan-pesan sederhana dalam kesekharian kita yang tak mewah.




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memastikan.
Amin





Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 

Pater Kons Beo, SVD

Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).



Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.   KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan.   Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)



Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI: https://rentalmobilgatraruteng-labuanbajo.com/

Posting Komentar

0 Komentar