Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; HIDUP Ini Adalah Satu Ziarah Panjang Penuh Terbuka.

Rabu, 28 September 2022 (Pekan Biasa XXVI, Para Martir China, St Lorenzo Ruiz, St Wenslaus)
Bacaan I Ayub 9:1-12.14-16
Mazmur Tanggapan Mzm 88:10bc-11.12-13.14-15
Injil Lukas 9:57-62



"Dialah yang melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tak terduga" Ayub 9:10
(Qui facit magna, et incomprehensibilia, et mirabilia, quorum non est numerus)


Baca juga yang ini; Satu permenungan : Cemas Bercahaya di Atas Panggung

ADA waktunya ketika Tuhan masuk dalam jalan hidup kita. Sering tak terduga. Terbitkan rasa penuh tanya. Dan rasa kagum pun tak dapat kita sembunyikan.

MEMANG ada banyak hal yang tak dapat kita pahami di jalan hidup ini. Saat kita membangun segala kepastian hidup, Tuhan bisa datang membongkarnya. Ketika kita sepelekan sesuatu, justru dari situlah Tuhan membangun sesuatu yang sungguh luar biasa.

JALAN pikiran Tuhan sulit ditebak pasti. Tindakan-tindakanNya amat mengagumkan. Melampui segala batasan dan patokan fana. Bikinan pikiran dan rasa hati manusiawi.

HIDUP ini adalah satu ziarah panjang penuh terbuka. Tetapi tetap dihangatkan oleh harapan di dalam Tuhan sendiri. Tak pernah boleh tergesa untuk pastikan 'nasib miris diri sendiri atau pun suramnya lika liku jalan hidup orang lain.'

TAK sebatas hanya memandang sesama dalam nada Kasih, lebih dari itu, dalam keyakinan St Thomas Aquino, "Lihatlah sesama penuh tulus. Berbuatlah sesuatu dan tetaplah punya harapan baginya. Bahwa pasti akan menjadi apa dia nanti di dalam tangan Tuhan."

Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; KARENA kemanusiaan pula, kita tak luput dari segala rasa miris di hati

TUHAN pasti melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tak terduga bagi setiap kita. Bersyukurlah kepadaNya atas segala 'kejutan ilahi' yang menyelinap masuk dalam ketakberdayaan insani kita.

APA dan siapa yang kita tatap penuh sinis dan serba wasangka, Tuhan justru punya pertimbangan tersendiri yang bakal tak dimengerti sepenuhnya. Sungguh! Ketakterdugaan, sejatinya, adalah kepastian bagi Tuhan.

KITA hadapi sekian banyak perkara hidup yang tak dapat kita mengerti. Namun, segala yang mustahil itu adalah awal dari perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Tuhan. Itulah keyakinan dan kepasrahan iman kita. Di dalam Tuhan sendiri.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar