Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Marilah Kita Tetap Merindukan Yesus Dengan Penuh Iman

Kamis, 28 September 2023

(Pekan Biasa XXV, St Chi Zhuse, St Lorenzo Ruiz, Para Martir Tiongkok, St Wenseslaus)
Bacaan I Hagai 1:1-8
Mazmur Tanggapan Mzm 149:1-2.3-4.5-6,a.9b
Injil Lukas 9:7- 9




“Siapa gerangan Dia ini….?”  Luk 9:9
(Ini adalah hal yang sebenarnya)



BERDIRILAH TEGUH. TAK USALAH GENTAR DIKEPUNG CEMAS


Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; Asal Kamu Bisa Melakukan Sesuatu Yang Baik Untuk Sesama Dan Demi Kemanusiaan


MARI Tafsir Herodes seadanya. Di ruang batinnya kegalauan lagi sesak bergejolak. Kursi kekuasaannya jadi tak empuk. Raja wilayah Galilea sungguh diterjang rasa cemas.


APAKAH yang dicemaskan sang penguasa itu? Ini soal nasib selanjutnya. Bagaimana sekiranya pesaingnya akan segera muncul? 'Yohanes telah bangkit dan Elia telah hadir kembali' adalah isu yang sungguh bikin tak sedap di telinga. Benar-benar tak nyaman di hati.


"DIA yang telah mendengar kabarnya itu" telah menjadi gangguan dan sandungan. Herodes sungguh tak sanggup harus mendengar kabar bahwa 'DIA telah melakukan hal-hal besar.'


SUNGGUH.' Herodes lagi cemas sekiranya ia kalah pamor.Kalau-kalau popularitasnya bakal anjlok. Turun drastis.Kekuasaannya terancam. Dan ia tidak akan punya tempat di hati publik.


Baca juga yang ini, Menarik; Renungan Harian Katolik; YESUS Pun Nyatakan Para MuridNya Sebagai Terang Dunia


PERSAINGAN? Itulah irama dan dinamika yang wajar dalam kebersamaan.Namun persaingan tanpa pengakuan terasa sangat kejam dan tak berakhlak. Takut dan tak mau disaingi adalah tanda kekerdilan rasa dan kekelaman jiwa.Akibatnya?


KUASA bisa dipakai sebagai 'saluran empuk' untuk singkirkan yang dianggap pesaing.Jabatan pun bisa dimanipulasi untuk tak libatkan siapa pun yang 'bikin hati tak nyaman.'



HERODES tampaknya tidak memakai kekuasaan dan jabatannya demi melakukan hal-hal besar dan demi kebaikan umum. Tetapi, ia lebih sibuk dengan 'dirinya sendiri yang harus merasa nyaman dan damai dengan kekuasaan dan jabatannya.' Tanpa rasa kacau dan tiada rasa tak nyaman di hati karena disaingi.


JIKA Herodes “berusaha untuk dapat bertemu dengan Yesus” (Luk 9:9), apakah itu didorong oleh rasa kagum. Dan demi sebuah pengakuan yang tulus? Sukar sekali rasanya mengatakan "IYA."


TETAPI untuk kita? Marilah kita tetap merindukan Yesus dengan penuh iman. Dialah Tuhan, yang sungguh-sungguh telah melakukan hal-hal besar dalam diri setiap kita dan di jalan hidup kita. Semua karena KASIHNYA.

Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan melayani
Amin.

Baca juga di sini; 

Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ; 


Pater Kons Beo, SVD










Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong.  Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang berorientasi pada pasar



Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengko Cepang.  Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023).


Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang.   Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).
Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.  KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Bunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan.  Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Posting Komentar

0 Komentar