Header Ads Widget

Romo Jhon Tanggul ; MILIKI SIKAP DAN SEMANGAT MURAH HATI



MILIKI SIKAP DAN SEMANGAT MURAH HATI

(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Senin,  14 Maret 2022

Minggu Prapaskah II/B

Luk. 6:36-38: Kasihilah musuh;  Hal menghakimi


Orang yang murah hati selalu memberi perhatian  atau "fokus" keluar dari dirinya sendiri,  fokus kepada "yang lain" (TUHAN DAN ORANG LAIN). Ia TIDAK HANYA fokus pada dirinya sendiri: memikirkan dan sibuk urus dirinya sendiri. 

Ia rela mengabaikan atau melupakan kepentingan diri sendiri,  dan mengarahkan diri dan hidup serta perhatiannya  kepada kepentingan dan kebaikan umum (bonum commune),  orang banyak,  orang lain dan Tuhan. 

Ia rela atau gampang mengampuni/memaafkan. Ia selalu berprinsip:"Berikan yg terbaik dan terindah untuk " yang lain" (Tuhan dan orang lain) "! 


"Hendaklah kamu (saya, anda)  murah hati, sebagaimana Bapamu murah hati.  Janganlah kamu menghakimi,  maka kamupun tidak akan dihakimi! Janganlah kamu menghukum,  maka kamupun tidak akan dihukum! Ampunilah dan kamu akan diampuni!! Berilah dan kamu AKAN DIBERI!", kata Yesus dlm Injil hari ini. (Luk.6:36-38). Ini adalah ciri atau tanda SIKAP  murah hati, lawannya "mahal hati" ( pelit, tidak peka).  

Yesus mengajak para muridNya (sy, anda) untuk memiliki sikap atau semangat "MURAH HATI",  RENDAH HATI seperti Allah Bapa yang TELAH LEBIH DAHULU BERMURAH HATI kepada MANUSIA (saya, anda). Miliki sikap dan semangat murah hati dan rendah hati! Miliki sikap dan semangat RELA MENGAMPUNI, MENGASIHI,  DAN BERBAGI. Ganjarannya akan diperhitungkan oleh Allah sendiri,  diatur/diurus oleh Allah sendiri!! Yakin saja,  TIDAK MUNGKIN TANPA GANJARAN,  RAHMAT DAN BERKAT!!  "Berilah,  dan kamu AKAN DIBERI!!" (Luk. 6:38). Ini janji dan jaminan dari Yesus untuk saya, anda. Tidak mungkin Yesus beri janji hoax!! 

Selamat bermurah hati! Selamat bersikap rendah hati! Selamat "murah" mengampuni! Selamat "murah" memberi yang terbaik dan terindah utk Tuhan dan orang lain. Selamat "murah" berbagi. 

Semoga Allah Tritunggal Mahakudus yang murah hati (+) MEMBERKATI kita sekalian yang murah hati dan rendah hati  kepada Tuhan dan orang lain. Amin.

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):

  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.






Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar