Header Ads Widget

Romo Jhon Tanggul ; MILIKI SIKAP DAN SEMANGAT MURAH HATI



MILIKI SIKAP DAN SEMANGAT MURAH HATI

(RD. John Tanggul, Paroki Wangkung, Keuskupan Ruteng)

Senin,  14 Maret 2022

Minggu Prapaskah II/B

Luk. 6:36-38: Kasihilah musuh;  Hal menghakimi


Orang yang murah hati selalu memberi perhatian  atau "fokus" keluar dari dirinya sendiri,  fokus kepada "yang lain" (TUHAN DAN ORANG LAIN). Ia TIDAK HANYA fokus pada dirinya sendiri: memikirkan dan sibuk urus dirinya sendiri. 

Ia rela mengabaikan atau melupakan kepentingan diri sendiri,  dan mengarahkan diri dan hidup serta perhatiannya  kepada kepentingan dan kebaikan umum (bonum commune),  orang banyak,  orang lain dan Tuhan. 

Ia rela atau gampang mengampuni/memaafkan. Ia selalu berprinsip:"Berikan yg terbaik dan terindah untuk " yang lain" (Tuhan dan orang lain) "! 


"Hendaklah kamu (saya, anda)  murah hati, sebagaimana Bapamu murah hati.  Janganlah kamu menghakimi,  maka kamupun tidak akan dihakimi! Janganlah kamu menghukum,  maka kamupun tidak akan dihukum! Ampunilah dan kamu akan diampuni!! Berilah dan kamu AKAN DIBERI!", kata Yesus dlm Injil hari ini. (Luk.6:36-38). Ini adalah ciri atau tanda SIKAP  murah hati, lawannya "mahal hati" ( pelit, tidak peka).  

Yesus mengajak para muridNya (sy, anda) untuk memiliki sikap atau semangat "MURAH HATI",  RENDAH HATI seperti Allah Bapa yang TELAH LEBIH DAHULU BERMURAH HATI kepada MANUSIA (saya, anda). Miliki sikap dan semangat murah hati dan rendah hati! Miliki sikap dan semangat RELA MENGAMPUNI, MENGASIHI,  DAN BERBAGI. Ganjarannya akan diperhitungkan oleh Allah sendiri,  diatur/diurus oleh Allah sendiri!! Yakin saja,  TIDAK MUNGKIN TANPA GANJARAN,  RAHMAT DAN BERKAT!!  "Berilah,  dan kamu AKAN DIBERI!!" (Luk. 6:38). Ini janji dan jaminan dari Yesus untuk saya, anda. Tidak mungkin Yesus beri janji hoax!! 

Selamat bermurah hati! Selamat bersikap rendah hati! Selamat "murah" mengampuni! Selamat "murah" memberi yang terbaik dan terindah utk Tuhan dan orang lain. Selamat "murah" berbagi. 

Semoga Allah Tritunggal Mahakudus yang murah hati (+) MEMBERKATI kita sekalian yang murah hati dan rendah hati  kepada Tuhan dan orang lain. Amin.

Posting Komentar

0 Komentar