Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Kubuang Amarah Dan Dendam, Kupeluk Dalam Kasih Dan Berkat

Senin, 13 November 2023

(Pekan Biasa XXXII, St Eugenius dr Toledo, St Stanislaus Kostka)
Bacaan I Kebijaksanaan 1:1-7
Mazmur Tanggapan Mzm 139:1-3.4-6.7-8.9-10
(Reff: Tuntunlah aku di jalan yang kekal)
Injil Lukas 17:1-6





"Engkau harus mengampuni dia...."  Lukas 17:4
(Dimitte illi)


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Rumah Adalah Tempat Di Mana Hati Kita Berada


KUBUANG AMARAH DAN DENDAM. KUPELUK DALAM KASIH DAN BERKAT


SESAMA memang tak indah di hadapan kita. Dia amatlah jauh dari harapan kita. Dia tak lewati syarat-syarat yang kita tetapkan.

SESAMA sungguh tak elok dalam kata, dalam sikap, dalam perlakuan, dalam perbuatan dan tindak tanduknya. Sekian banyak orang terluka; diri kita secara pribadi sungguh tersakiti.


Baca juga yang ini, menarik; Renungan Khusus di Hari Minggu;  Ketika Pintu Perjamuan Telah Tertutup…


KITA punya niat dan kehendak hati untuk membalas. Untuk tunjukan juga sikap kasar dan bahkan reaksi yang lebih keras lagi. Tetapi, itu kah yang harus kita ambil sebagai jawaban kita?

MEMANG, tak gampang untuk teduh hati. Untuk tetap bersabar di hadapan kenyataan dan pribadi yang sungguh melukai dan telah bikin hati kita tak nyaman.


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; BUKANKAH Kita Semua Adalah Laskar Kristus?


YESUS, TUHAN, menantang kebesaran dan keluasan hati. "Mengampuni adalah keharusan Injili." Janganlah dendam. Tak boleh simpan marah. Tak boleh 'membawa dan menyimpan terus kekurangan serta ketidakhebatan sesama. Hanya untuk menanti saatnya untuk membalas.

GANTI amarah, ganti suasana kabut di hati, mesti ditampakkan doa dan berkat. Itulah tanda sikap hati penuh pengampunan. Tidak kah dengan pengampunan kita sebenarnya membebaskan diri kita sendiri?


KITA hidup sebagai orang yang diampuni. Kita adalah orang yang diberkati. Tetapi, kita menjadi pribadi mulia saat kita sungguh sanggup 'mengampuni dan memberkati sesama.' Seberat dan sesulit apapun.

MARI tetap renungkan dan hidupi maklumat kasih yang membebaskan dari Yesus: Engkau harus mengampuni dia.


MARI kita berdoa penuh hening : "Trimakasih untuk Kasih dan PengampunanMu, Tuhan, melalui diri sesama-sesamaku."


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan mengampuni dan memberkati
Amin




Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 

Pater Kons Beo, SVD

Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  
   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.   KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:

Posting Komentar

0 Komentar