Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Apalah Artinya Kasih Itu Jika Tanpa Kenyataan

Jumat, 05 Januari 2024(Hari Biasa Masa Natal, St Gerlakus, St Simeon Stylites, St Syncletica, St Yohanes Neumann)


Bacaan I 1Yohanes 3:11-21

Mazmur Tanggapan Mzm 100:1-2.3.4.5

(Ref: Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi)

Injil Yohanes 1:43-51



"Marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran"  1Yoh 3:18

(...non diligamus verbo, neque lingua, sed opere et veritate)


APALAH ARTINYA KASIH ITU JIKA TANPA KENYATAAN...



KASIH itu sungguh segalanya. Kita telah ungkapkan semuanya dalam jumpa kita dengan sesama. Dengan penuh Kasih kita dengarkan sesama yang lagi berkeluh atau yang berbagi kisah indah dalam sukacita.

Ayo Baca juga yang ini; Satu Permenungan Iman Katolik; “Tak Boleh Lupa Untuk Menoleh Ke Belakang, Bro!”


DENGAN kata-kata penuh Kasih kita bersuara membawa harapan, peneguhan serta penghargaan yang tulus kepada sesama. Kehadiran kita dalam Kasih pun membawa semangat dan rasa terhibur bagi sesama-sesama kita.




KASIH itu mendekatkan dan memperjalin kita satu sama lain. Kasih itu menjadikan kita sanggup melihat dengan jelas kebaikan, keindahan dan kebenaran dalam diri sesama. "Setidaknya ia juga, seperti aku, adalah 'secitra dan semartabat ciptaan Tuhan."



SAAT amarah, benci, ketidaksukaan, dendam serta ketidakpedulian mempersempit hati kita tanpa spasi dan tiada ruang bagi sesama, Kasih runtuhkan dan lebarkan alam hati itu melalui pengampunan, sikap penuh penerimaan, dan tindak saling berbagi kasih.



PENULIS Yohanes bentangkan bagaimana sepatutnya Kasih itu dinyatakan terhadap sesama: "Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan, tetapi ia menutup pintu hatinya terhadap saudara itu bagaimanakah Kasih Allah dapat bertahan dalam dirinya?" (cf 1Yoh 3:17).



YAKINLAH bahwa Kasih Allah itu hidup dalam diri setiap kita. Kisah Kasih kita terilhami dari Kisah Kasih Kristus sendiri, "bahwa Ia telah menyerahkan nyawaNya untuk kita; maka kita pun wajib menyerahkan nyawa untuk saudara-saudara kita" (1Yoh 3:16).


Jika bukan dalam hal-hal besar yang kita perbuat, biarlah perbuatan Kasih itu kita hidupkan dan nyatakan dalam hal-hal kecil dan sederhana. Dan "Lakukanlah semuanya dalam Kasih!" (1Kor 16:14).


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin

Mari kita renungkan kata-kata St Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
-Pendiri SVD        : 1875
-Pendiri SSpS       :  1889
-Pendiri SSpS-Ap:  1896

  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bahaya Perangai Kasar, Nalar Semestinya Sehat


Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;
https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tersebut tahun 2014 di Lengkong Cepang, Lembor Selatan.Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:




Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar