Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Selalu Ada Harapan Dan Kekuatan Dalam Tuhan

Rabu, 13 Maret 2024
(Pekan IV Pra-Paskah, St Eufrasia, St Leander, St Roderikus)
Bacaan I Yesaya 49:8-15
Mazmur Tanggapan Mzm 145:8-9.13cd-14.17-18
(Ref: Tuhan itu pengasih dan penyayang)
Injil Yohanes 5:17-30



"Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriKu sendiri"
Yoh 5:30
(Non possum ego a meìpso fàcere quidquam)


SELALU ADA HARAPAN DAN KEKUATAN DALAM TUHAN


ALLAH sungguh hadir dalam diri Yesus. Dalam setiap kata, tindakan dan peristiwa hidupNya. Itulah kebenaran iman yang nyata bagi kita.


DALAM pribadi Yesus yang membumi itu, Allah hadir untuk menyapa manusia. Agar manusia selalu hidup dalam Kasih, Kebenaran dan Sukacita.


DI ZIARAH hidup ini, Yesus hadir untuk menjadi kekuatan hidup bagi setiap kita. DIA diutus Bapa sebagai Tanda Kasih yang paling agung.


YESUS adalah Jalan - Kebenaran - Kehidupan. Bukan kah Ia yakinkan kita, "Hanya melalui Aku orang sampai kepada Bapa" (Yoh 14:6)? Dalam Yesus, gambaran Kasih Bapa sungguh menyata.


YESUS ingatkan kita akan betapa dalamnya relasiNya dengan BAPA. Ia datang atas kehendak Bapa. Pun melakukan segala sesuatu atas kehendak Bapa (Yoh 6:38). Dan kehendak Bapa itu adalah agar kita tak binasa. Agar, bagaikan domba, "kita mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam kelimpahan" (cf Yoh 10:10).


YESUS tak dapat berbuat apa-apa dari diriNya sendiri. Itulah kata-kata disampaikanNya bagi para pendengarNya. Tetapi bagi kita kini, kata-kata yang sama Ia perdengarkan kembali, "Di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa" (Yoh 15:6).


HIDUP setiap kita adalah sebuah ungkapan panggilan dalam Kasih Yesus. "Tinggallah dalam KasihKu..." (Yoh 15:9). Dalam Yesus, Kasih Bapa menyapa kita. Dalam Yesus pula, Kasih yang sama itu pun sanggupkan kita untuk menyapa dunia dan sesama.


KITA sungguh terpanggil untuk menyatakan bahwa Kasih itu hadir dan menyapa sesama. Kumpulan murid Yesus bukanlah agen surga di bumi yang hadir dengan pewartaan sebatas ancaman api neraka kekal. Tidak! Kita hidup dalam Kasih dan sukacita kini dan nanti. Bukan karena ketakutan akan api kekal.


DALAM Yesus, kita selalu yakin bahwa kebaikan itu nyata. Hidup itu selalu bermakna penuh harapan. Maaf dan pengampunan, misalnya, adalah satu kekuatan besar demi teguhnya persekutuan.


DALAM Yesus, kini, relasi kita dengan Bapa sungguh mulia. Kita sungguh menjadi anak-anakNya dalam AnakNya yang tunggal, Yesus Kristus (Filii in FILIO).


DALAM seluruh cara hidup Yesus, kita diteguhkan; dalam FirmanNya kita memperoleh terang; dalam tindakan dan perbuatanNya kita diselamatkan; dan dalam PRIBADINYA selalu ada jaminan harapan di jalan hidup ini, hingga nanti dan untuk selamanya.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amin

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        : 1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.




Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar